Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 18 Oktober 2017 | 09:23 WIB
  • Pilih Mesin Diesel atau Bensin

  • Oleh
    • Hadi Suprapto,
    • Pius Yosep Mali
Pilih Mesin Diesel atau Bensin
Photo :
  • Dok. TAM
Toyota Kijang Innova

VIVA – Nama Toyota Kijang identik dengan mobil yang fungsional dan memenuhi kebutuhan keluarga. Sejak diluncurkan hingga saat ini, Toyota Kijang telah mengalami berbagai penyegaran dari sisi desain, fitur, serta teknologi. Mobil rakyat ini pun telah berevolusi menjadi Toyota Kijang Innova.

Jika generasi awal Toyota Kijang hanya mengandalkan mesin bensin, Kijang Innova yang ditawarkan untuk konsumen Tanah Air memiliki dua pilihan mesin, yakni mesin bensin yang menggunakan kode 1TR-FE empat silinder segaris 16 Valve DOHC with dual VVT-I dengan kapasitas 1.998cc. Sementara yang berbahan bakar solar, menggunakan mesin berkode 2GD-FTV empat silinder segaris 16 Valve dengan VNT Turbo Intercooler berkapasitas 2.393cc. 

"Perbedaan spesifik Innova bensin dan diesel hanya terdapat pada mesinnya saja, sehingga pembeli mempunyai pilihan," kata Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso Jakarta, Suparman, kepada VIVA.co.id.

Antara mesin bensin dan mesin diesel masing-masing punya keunggulan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Mesin bensin cocok bagi konsumen yang ingin mendapatkan kecepatan dan kenyamanan lebih.

Sedangkan mesin diesel untuk konsumen yang menginginkan torsi dan tenaga lebih besar.

Mesin diesel juga tepat bagi konsumen yang ingin hemat operasional. "Ini karena harga solar lebih murah dibandingkan dengan bensin, misalnya Dexlite dengan Pertalite," kata dia. “Yang jelas, keduanya siap bekerja berat dengan berbagai kondisi jalanan,” Suparman menambahkan.

Dari laman resmi Toyota Astra Motor diketahui, Kijang Innova ditawarkan dalam 14 varian. Untuk pilihan mesin bensin yakni, tipe G manual, G Automatic, V Manual, V Automatic, Q manual, serta Q Automatic.

Sementara pilihan mesin berbahan solarnya, antara lain G Diesel Manual, G Diesel Automatic, V Diesel Manual, dan V Diesel Automatic, Venturer Manual, Venturer Automatic, Venturer Diesel Manual, dan Venturer Diesel Automatic. (ase)