Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 18 Oktober 2017 | 18:15 WIB
  • Mana Mobil Kotak Paling Laris, APV, Luxio, atau Evalia?

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Pius Yosep Mali
Mana Mobil Kotak Paling Laris, APV, Luxio, atau Evalia?
Photo :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi
New Daihatsu Luxio

VIVA – Di Indonesia, mobil yang memiliki kabin lega dengan bisa menampung orang dalam jumlah banyak menjadi favorit konsumen. Namun, tak semua mobil dengan jenis low multi purpose vehicle bernasib baik.

Selain fungsional, tampilan eksterior nyatanya juga kerap menjadi pertimbangan saat seseorang ingin membeli mobil. Mobil dengan desain kotak, di Tanah Air masih menjadi 'second option' meski memiliki fungsi yang sama, serta ditawarkan dengan harga terjangkau.

Berdasarkan data wholesales yang dirilis oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ada tiga mobil low mpv dengan desain boxy yang penjualannya rendah. Mobil-mobil tersebut adalah Suzuki APV, Daihatsu Luxio dan Nissan Evalia.

Meski sama-sama hadir sebagai mobil keluarga, penjualan Suzuki APV berbeda jauh dengan saudara kandungnya, Ertiga. Sepanjang tahun 2017 (Januari-September), APV hanya laku 3.227 unit. Sementara Ertiga dengan medio yang sama bisa laku sebanyak 26.633 unit.

Sama halnya dengan Suzuki, mobil keluarga berdesain kotak besutan Daihatsu, Luxio pun tak banyak mencuri perhatian masyarakat. Sebab mobil ini hanya terjual sebanyak 3.425 unit sepanjang Januari-September 2017.

Penjualan paling kecil di kelas low MPV berdasarkan data wholesales Gaikindo, dipegang oleh Nissan Evalia. Meski sempat diisukan disuntik mati oleh PT Nissan Motor Indonesia -agen resmi mobil Nissan di Indonesia-, nyatanya Evalia masih dijual sebanyak 17 unit dari Januari hingga September tahun ini.