Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 24 Oktober 2017 | 11:13 WIB
  • Mazda Bangkitkan Lagi Tren Mobil Estate

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono,
    • Pius Yosep Mali
Mazda Bangkitkan Lagi Tren Mobil Estate
Photo :
  • VIVA.co.id/Pius Yosep Mali
Mazda 6 Estate.

VIVA – Salah satu produk baru Mazda yang dijual di Indonesia adalah Mazda 6 Estate. PT Eurokars Motor Indonesia sebagai agen pemegang merek Mazda di Indonesia mengaku cukup percaya diri untuk menjual mobil tersebut.

Presiden Direktur EMI, Roy Arman Arfandy, mengatakan, kepercayaan diri dalam memasarkan mobil tersebut lantaran bentuknya berbeda dari yang sudah dijual di Indonesia.

"Mazda 6 Estate ini bentuknya unik, belum banyak yang masukkan model ini. Kalau dilihat di luar negeri, tipe Estate ini cukup laku. Kami bawa ke Indonesia untuk dilihat, bisa diterima dengan baik atau enggak,"kata Roy di Jakarta.

Bicara soal pasar mobil Estate, dikatakan Roy, memang belum besar. Hal ini yang membuat banyak agen pemegang merek mobil di Tanah Air yang memutuskan tidak menjual model sedan dengan bagasi besar tersebut.

Meski demikian, Roy mengatakan, perlu lebih mengedukasi konsumen di Indonesia untuk mengenal mobil jenis ini.

"Model Estate saya rasa pasarnya belum terlalu besar, karena mirip sedan. Kami coba edukasi masyarakat juga bahwa selain sedan Mazda 6, kami punya tipe Estate yang nyaman untuk keluarga," kata dia.

Lalu, apa kelebihan Mazda 6 Estate dibandingkan dengan model sedan? Roy mengatakan, kenyamanan dan kabin yang lega menjadi keunggulan mobil asal Jepang tersebut.

"Keunggulan sudah jelas, nyaman sama kayak sedan, namun ruang kabin lebih lega, termasuk bagasi yang jadi lebih besar daripada sedan. Jadi kalau bawa anak-anak dan bawaannya, bisa ditampung karena sangat lega," ujarnya.

Mazda 6 Estate merupakan kembaran dari sedan Mazda 6. Perbedaan hanya terlihat jelas di bagian belakang, lantaran desain buritan serta bagasi menyatu dengan bodi secara keseluruhan.

Mazda 6 Estate dibekali mesin Skyactiv-G berkapasitas 2.488 cc dengan sistem transmisi otomatis enam percepatan. Di Indonesia, Mazda 6 Estate dibanderol Rp538,8 juta on-the-road Jakarta.

Selain Mazda, beberapa agen pemegang merek juga sempat menghadirkan model Estate di Tanah Air. Contohnya Volvo dengan V70 dan Mercedes-Benz E320 Estate. 

Bahkan, Mazda zaman dulu juga pernah meluncurkan Estate versi murah, yakni Mazda Vantrend. Selain nama Estate, mobil jenis ini juga dikenal dengan istilah Station Wagon. (art)