Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 24 Oktober 2017 | 14:45 WIB
  • Pasar Ini Dulu Jual Sembako, Kini Onderdil Copotan

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono,
    • Pius Yosep Mali
Pasar Ini Dulu Jual Sembako, Kini Onderdil Copotan
Photo :
  • VIVA.co.id/Pius Yosep Mali
Pasar Automotive Duren Sawit.

VIVA – Banyak pilihan tempat mencari suku cadang dan aksesori mobil di Jakarta. Bagi mereka yang beraktivitas atau tinggal di Jakarta Timur, bisa menyambangi Pasar Automotive Duren Sawit.

Sesuai namanya, sentra onderdil dan aksesori mobil ini memang berbentuk pasar. Lokasinya ada di Jalan Dermaga, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Bangunan pasar terdiri dari dua lantai. Lantai dasar hanya dipakai sebagai lahan parkir mobil sekaligus tempat memperbaiki atau memasang aksesori. Sementara di atasnya, terdapat kios-kios yang menawarkan beragam kebutuhan pemilik mobil.

"Saya jualan di sini dari tahun 2000. Dulu awalnya masih pasar biasa, jualan beras dan kebutuhan pokok. Terus sekira tahun 2000-an banyak pedagang otomotif gabung ke sini. Nah, orang jadi kenalnya pasar Automotive Duren Sawit," kata pedagang dari Toko Bersama Glass, Haryono, kepada VIVA.co.id.

Pria yang berprofesi sebagai spesialis kaca mobil tersebut mengatakan, barang yang dijual oleh para pedagang pun beragam, mulai dari barang copotan hingga barang baru.

"Sekarang sih mau cari apa aja ada di sini. Yang butuh onderdil ada, aksesori juga ada. Sampai barang copotan ada. Kalau copotan, biasanya dapat dari lelang atau bengkel asuransi," kata pria yang akrab disapa Yon tersebut.

Sementara itu, pedagang dari Berlian ACR Motor, Adam, mengatakan, seperti pasar pada umumnya, barang yang dijual pun memiliki harga tidak mengikat.

"Kayak orang butuh spion sebelah aja, di sini ada. Harganya tergantung model dan ongkos pasang. Bahkan sampai bumper, kap mesin, sama pintu juga ada yang jual, cuma enggak dipajang," kata Adam. (one)