Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 24 Oktober 2017 | 16:12 WIB
  • Sapa Indonesia, Ini Spesifikasi Ferrari Terkencang Sejagat

  • Oleh
    • Toto Pribadi,
    • Jeffry Yanto Sudibyo
Sapa Indonesia, Ini Spesifikasi Ferrari Terkencang Sejagat
Photo :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto
Ferrari 812 Superfast.

VIVA – Ferrari 812 Superfast pertama kali meluncur secara global di Geneva Internasional Motor Show, Maret 2017 lalu. Dan kini, sport car yang melakoni tour keliling dunia ini menyapa Indonesia setelah sebelumnya menyapa Thailand, Singapura dan Malaysia.

"Ini mobil penerus F12 Berlinetta yang menggunakan mesin V12 Natural Aspirated (NA) sebagai heritage perusahaan," kata Arie Christopher, CEO Ferrari Jakarta, agen resmi mobil Ferrari di Indonesia saat peluncuran di Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa, 24 Oktober 2017.

Lanjut dia, 812 Superfast ini masih menggunakan setir kiri. Sport car ini mengusung mesin 12 silinder V12 dengan kemiringan 65 derajat berkapasitas 6.500cc, yang dapat menyemburkan tenaga maksimal 800 daya kuda di 8.500 rpm dan torsi maksimum 718 newton meter di 7.000 rpm.

"V12 merupakan napas Ferrari, heritage Ferrari yang paling bertenaga 800 hp (horse power) yang mampu berlari 2,9 detik dari nol sampai 100 km/jam. Dan sampai 200 km/jam hanya 7,9 detik yang sangat powerfull. Untuk emisi pasti di Eropa sudah bagus (340 gram/km)," katanya.

Tenaga besarnya ini disalurkan ke dua roda belakangnya melalui gearbox E-Diff3 dari transmisi tujuh percepatan dual clutch yang teknologinya milik Formula 1. Bahkan dengan tenaga yang besar, sport car ini diklaim mudah dikendarai berkat dukungan teknologi Virtual Short Wheelbase 2.0 System (PCV), sebuah software yang meminimalisir waktu respons mobil.

Selain itu,  fitur PCV ini juga didukung Side Slip Control (SSC) versi kelima yang membuat pengendara bisa lebih mudah menjinakkan performa mobil yang tinggi. Anehnya dari fitur yang tersedia, pabrikan berlogo kuda jingkark ini mengklaim teknologi Electronic Power Steering (EPS) untuk memaksimalkan bantingan setir ini pertama yang digunakan Ferrari.

Secara desain, sistem aerodinamika Ferrari 812 ini dijamin mampu membelah angin dengan sempurna meskipun memiliki mesin berada di depan, berkat sirip-sirip dan klaster penutup aktif yang berada di bagian kap mesin dan bumper depan. Tidak hanya itu, bagian sayap belakang sebagai pengganti spoiler juga dilengkapi by-pass untuk meningkatkan downforce.