Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 24 Oktober 2017 | 17:10 WIB
  • Spion Patah karena Senggolan di Jalan, Ini Solusi Hematnya

  • Oleh
    • Toto Pribadi,
    • Pius Yosep Mali
Spion Patah karena Senggolan di Jalan, Ini Solusi Hematnya
Photo :
  • VIVA.co.id/Yasin Fadilah
Spion bekas di Pasar Inpres otomotif Duren Sawit, Jaktim.

VIVA – Kondisi jalan yang semakin padat tak jarang membuat spion mobil bersenggolan dengan kendaraan lain. Jika sudah begini, spion mengalami lecet atau jika senggolan cukup kuat tak jarang bahkan bikin spion patah.

Bayangan biaya besar untuk perbaikan pasti menghantui. Namun, tak perlu khawatir jika Anda mengalami kondisi demikian. Banyak pilihan untuk mengakali agar tak mengeluarkan banyak biaya. Salah satunya mendatangi pasar Automotive Duren Sawit Jakarta Timur.

Di tempat ini, akan dengan mudah didapatkan spion seken. Tak harus beli sepasang seperti di diler-diler resmi. Adam, pedagang dari Berlian ACR Motor di pasar tersebut mengatakan, banyak konsumen yang kerap mencari spion hanya di satu sisi, baik sebelah kanan ataupun kiri saja.

"Spion paling banyak orang cari, bisa sebelah atau sepasang pun kami layani. Merek Jepang kayak buat Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, sampai Mercedes Benz C Class tersedia di tokonya," kata Adam kepada VIVA.co.id, Selasa 24 Oktober 2017.

Adam mengatakan, harga yang ditawarkan untuk spion luar mobil pun beragam. Dua mencontohkan, untuk Toyota Avanza 2013 dibanderol Rp450 ribu per unit, atau sepasang Rp900 ribu.

Contoh lainnya, kata Adam, spion Suzuki Ertiga yang per pieces dibanderol Rp550 ribu. Sementara untuk spion Mercedes Benz C Class dilabeli harga Rp1,5 juta per unit.

"Barangnya orisinal, copotan dari mobil, bukan yang lokal atau KW. Dapat dari bengkel asuransi, karena kalau mobil asuransi kan saat spionnya lecet ganti baru, padahal kondisi masih layak," ujar dia.

Selain menjual spion bekas, kata pria yang sudah 3 tahun berdagang di Pasar Automotive Duren Sawit, dirinya juga melayani pemilik mobil yang hendak memodifikasi atau perbaikan spion.

"Kalau modifikasi misalnya Avanza mau pake spion Yaris bisa, harga Rp800 ribu berikut pasang. Kalau untuk spion mobil Eropa, cuma bisa dipasang di mobil sejenis. Untuk perbaikan mulai dari motor kaca, rectrecable (Spion lipat), sampai ganti lampu sein spion bisa," ujarnya.