Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 25 Oktober 2017 | 10:03 WIB
  • Bocoran Harga dan Jadwal Peluncuran Ertiga Terbaru

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Jeffry Yanto Sudibyo
Bocoran Harga dan Jadwal Peluncuran Ertiga Terbaru
Photo :
  • Indianautosblog
Rendering Suzuki Ertiga terbaru (2018).

VIVA – Suzuki Ertiga terbaru, atau yang dikenal secara internal dengan kode YHA, akan melakukan debut perdananya tahun depan. Sejumlah uji coba terus dilakukan Suzuki, jelang peluncuran mobil keluarga tiga baris itu.

Laporan Autocar India, Rabu, 25 Oktober 2017 menyebutkan, Ertiga generasi terbaru dengan banyak perubahan akan diluncurkan pada Agustus 2018 mendatang. Ertiga itu akan didasarkan pada platform all-new dan bakal lebih besar secara dimensi dari model generasi saat ini.

Ertiga terbaru lebih besar berkat overhang belakang alias pilar C yang lebih panjang dan kaca belakang yang lebih besar. Ini menggambarkan ada peningkatan pada baris kedua dan baris ketiga seiring dengan bertambahnya ruang kargo.

Suzuki Ertiga terbaru menggunakan platform HEARTECT, platform itu juga digunakan pada Dzire, Baleno, Ignis, dan Swift yang akan datang. Autocar India juga menyebut, MPV itu akan dibekali beberapa pilihan mesin, di antaranya bensin 1,4 L K14B dan mesin diesel 1,3 L DDiS200. Sedangkan diesel 1.5 L, saat ini dalam tahap akhir pengembangan, dan bakal diperkenalkan kemudian.

Sebagai catatan, generasi pertama Ertiga diluncurkan pada 12 April 2012, di India. Beberapa hari kemudian, Ertiga meluncur di Indonesia. Jika Ertiga terbaru di India akan diperkenalkan pada Agustus 2018, di Indonesia mobil ini akan dirilis pada paruh pertama tahun 2018.

Bocoran Harga

Sementara itu, euforia debut Ertiga terbaru juga sudah mulai terasa di Tanah Air. Menariknya, menurut salah seorang wiraniaga di diler resmi Suzuki, di Indonesia, Agus, Ertiga generasi terbaru akan hadir di Tanah Air tahun depan, dan keran pemesanan sudah dibuka.

Agus menyebut, harga Ertiga terbaru akan lebih mahal dari versi sebelumnya. "Ertiga baru keluarnya tahun depan, harga kisaran Rp2 juta sampai Rp5 juta lebih mahal (dari edisi saat ini). Untuk bentuk aslinya, kami belum dapat kepastian," ujar Agus kepada VIVA.co.id.

Bagi konsumen yang melakukan pemesanan sejak awal, bakal mendapat prioritas pengiriman unit ke rumah. Biaya pemesanan sama seperti mobil lainnya, Rp5 juta. Ia berani menjamin uang akan kembali, jika tahun depan tidak jadi meluncur. (ren)