Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 25 Oktober 2017 | 11:44 WIB
  • Mobil Generasi Mendatang Toyota di Tokyo Motor Show 2017

  • Oleh
    • Maryadie
Mobil Generasi Mendatang Toyota di Tokyo Motor Show 2017
Photo :
  • VIVA.co.id/Maryadie
Toyota TJ Cruiser

VIVA – Toyota Motor Corporation menghadirkan tujuh mobil masa depan di ajang Tokyo Motor Show di Jepang, Rabu, 25 Oktober 2017. Ketujuh mobil itu terdiri atas mobil konsep dan mobil yang siap diproduksi massal.

Ketujuh mobil itu antara lain Toyota Concept-i Series, TJ Cruiser, Japan Taxi, Toyota Crown, Toyota Century, Sora Bus, dan mobil konsep FCR.

Executive Vice President Toyota Didier Leroy saat launching produk Toyota itu mengatakan, kehadiran mobil generasi mendatang dari Toyota sebagai bukti bahwa Toyota percaya sebuah mobil tidak sekadar mesin yang berjalan. "Kami percaya kendaraan bisa menyenangkan dan bisa dicintai, bukan sekadar mesin," katanya.

Leroy mengatakan, untuk mewujudkan itu, Toyota terus memperbesar kapasitas dalam teknologi yang membuat itu semua terwujud. "Salah satu kuncinya adalah dengan teknologi artificial intelligence dan konektivitasnya,' ujar Leroy.

Concept-i Series

Mobil konsep ini terintegrasi dengan sistem artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang bisa menjadikan mobil tak hanya sebatas tunggangan, tapi sahabat. 

Ide dasar di balik konsep ini adalah menawarkan pengalaman imajinatif yang bisa berinteraksi dengan manusia. Teknologi anyar ini yang memahami orang, dan mengenali emosi, lalu memperkirakan preferensi pengemudi. 

 Toyota Concept-i Series

Teknologi yang memahami orang dan teknologi penggerak otomatis bergabung untuk mengarahkan pengemudi ke tempat yang aman dan memberikan ketenangan pikiran. Mobil ini juga akan terkoneksi dengan akun media sosial penggunanya, seperti Facebook, Twitter juga Instagram.

Japan Taxi

Mobil ini direncanakan diproduksi massal di Jepang, untuk menunjang perhelatan Olimpiade 2020 yang akan digelar di Tokyo. Mobil ini menggunakan bahan bakar liquid petroleum gas (LPG) atau di Indonesia dikenal dengan Elpiji.  

Selain itu, mobil ini juga menggunakan teknologi hybrid, sehingga bisa lebih hemat bahan bakar. Sejatinya, mobil ini sangat cocok untuk taksi di Indonesia karena bahan bakarnya Elpiji, namun hingga kini Toyota belum memikirkan untuk diproduksi di luar Jepang. 

TJ Cruiser

Mobil ini merupakan generasi berikutnya dari  FJ Cruiser. Dan rencananya akan diproduksi setidaknya dalam waktu 3-4 tahun mendatang. Filosofi mobil SUV ini memakai nama TJ Cruiser adalah huruf T merupakan singkatan dari Toolbox. 

Artinya mobil ini bisa digunakan seperti kotak peralatan, sedangkan huruf J singkatan dari Joy, yang artinya bisa membuat pengendaranya penuh kebahagiaan.

Sedangkan Cruiser merupakan nama yang digunakan Toyota untuk mobil SUV-nya. Dengan menggunakan mesin 2.000 cc yang dipadukan dengan sistem hybrid, mobil ini agak berbeda dari generasi sebelumnya dengan menggunakan pintu geser di kabin penumpangnya.