Jadi Biang Macet, Perlintasan Kereta Bakal Dibangun Flyover

Perlintasan Kereta Api Tanpa Palang Otomatis
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Tak dipungkiri jika perlintasan kereta di Jabodetabek masih kerap menjadi pemicu kemacetan. Hal itu dikarenakan banyak perlintasan kereta api yang bersebelahan dengan jalan raya. Dan antrean kendaraan kerap mengular demi untuk memprioritaskan kereta api maupun kereta listrik.

3 Fakta Pengendara Motor Tersambar Kereta dan Tewas di Deli Serdang

Untuk mengatasi masalah itu, rencananya perlintasan kereta api di Jabodetabek akan dibangun flyover atau underpass, tergantung kondisi perlintasan. Hal itu diungkapkan Subaiha Kipli, Kasubdit Lingkungan dan Keselamatan Jalan Kementerian PUPR.

"Kami punya target, jadi perlintasan kereta api yang melintasi jalanan nasional atau perlintasan sebidang, akan dibangun flyover. Saya lupa detailnya, tapi memang nanti diharapkan tidak lagi jadi perlintasan sebidang," kata Subaiha di acara Sharing Session ISRA 2017 di Jakarta, kemarin.

Viral Kemacetan Parah di Puncak Bogor, Netizen Cuma Bisa Melongo

Perempuan yang akrab disapa Betty tersebut mengatakan, perlintasan sebidang yang ditutup dan diganti dengan flyover akan dilihat terlebih dahulu kebutuhannya.

"Yang menjadi prioritas itu ada kriterianya sendiri,  misalnya tingkat kecelakaan tinggi, jumlah lalu lintas harian rata rata (LHR) tinggi karena kalau LHR tinggi jadi macet. Memang ada programnya,
tidak hanya fly over, ada juga model underpass," kata dia.

KNKT Ajak Masyarakat Waspadai Lokasi Rawan Kecelakaan Saat Nataru
Kereta Api Manahan tabrak dump truk di Brebes, Jawa Tengah

Kereta Api Manahan Tabrak Truk di Brebes, Sopir dan Anaknya Tewas

Kereta Api Manahan Jurusan Stasiun Balapan Solo - Stasiun Gambir, menabrak dump truk yang mengangkut urugan tanah. Dua orang tewas dalam insiden tersebut. 

img_title
VIVA.co.id
15 Februari 2024