Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 26 Oktober 2017 | 03:00 WIB
  • Tak Bisa Dicoba, Ini Solusi Pilih Mobil Lelang Kondisi Bagus

  • Oleh
    • Toto Pribadi,
    • Yunisa Herawati
Tak Bisa Dicoba, Ini Solusi Pilih Mobil Lelang Kondisi Bagus
Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa
Hebohnya Para Peserta Lelang Mobil Sitaan KPK

VIVA – Membeli mobil dalam sebuah acara lelang tentu ada kekurangan dan kelebihan. Salah satu kekurangannya tentu tak bisa dilakukan test drive atau dicoba terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi kendaraan. Namun bagi yang tengah mengincar mobil lelang ada tips sederhana.

Tentu sudah menjadi ritual saat membeli mobil baru atau mobil bekas di showroom, para konsumen akan ditawarkan test drive unit kendaraan. Namun jangan harap fasilitas ini akan disediakan dalam acara lelang. Karena itu kejelian dan sedikit tips diperlukan agar tidak kecewa di kemudian hari.

"Kalau di kami (balai lelang Ibid) enggak ada (test drive). Di kami sistemnya H-3 open house untuk cek kondisi segala macam," kata Chief Operation Officer PT Balai Lelang Serasi (Ibid) Daddy Doxa Manurung di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Rabu kemarin.

Menurutnya, jika menawarkan test drive mobil bekas di balai lelang maka pihaknya tak akan sanggup menghadapi ratusan konsumen yang datang tiap pembukaan lelang.

"Kalau kami buka itu, kami meladeni berapa ratus orang, sekian ratus mobil, kayanya satu pekan juga enggak cukup. Tapi memang sistem di kita enggak, memang kami tidak kasih test drive," ujarnya.

Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengetahui kondisi mobil bekas tersebut adalah memeriksa sebelum gelaran lelang berlangsung. Bisa sehari atau dua hari sebelum acara lelang digelar. Hal itu pula yang ditawarkan perusahaan lelang Ibid sehingga calon peserta lelang dapat mengetahui kondisi mobil.

"Kita pun akan kasih tahu ini lemah di mana kurang di mana? Untuk nyalain mesin boleh kok. Masuk ke dalam mobil juga boleh. Yang enggak boleh nyalain mesin terus masukin gigi apalagi untuk jalan," kata dia.