Mazda Punya Mesin Canggih, Gabungan Bensin dan Diesel

Logo Mazda
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Sebagian besar produsen mobil di dunia mulai fokus pada pengembangan mesin yang digerakkan oleh energi listrik. Baik itu model hibrida maupun listrik murni.

Demi Jualan ke Australia, Mobil Mazda akan Dibuat di Indonesia?

Namun, hal itu tidak dilakukan oleh Mazda. Perusahaan otomotif asal Jepang ini percaya, mesin konvensional yang memakai bahan bakar minyak masih menyimpan banyak potensi yang belum dikembangkan.

Hal itu ditunjukkan Mazda melalui pameran Tokyo Motor Show 2017 yang digelar di Jepang saat ini. Dilansir dari laman resmi Mazda, Kamis 26 Oktober 2017, selain menampilkan beberapa mobil baru, Mazda juga mengenalkan teknologi Skyactiv-X.

Deretan Promo Mazda di Jakarta Auto Week 2022

Teknologi tersebut merupakan hasil pengembangan tim riset Mazda dalam hal mesin. Yang unik dari mesin baru ini adalah cara kerjanya menggabungkan antara mesin bensin dan diesel.

Mesin bensin memiliki keunggulan dalam hal emisi gas buang, sedangkan mesin diesel jago untuk urusan efisiensi. Dua hal inilah yang coba disatukan oleh Mazda.

Mazda2 Generasi Baru Meluncur di Thailand dengan Fitur Berlimpah

Mesin Skyactiv-X masih menggunakan bahan bakar bensin dan busi untuk menyalakan campuran bensin dan udara. Hanya saja, bensin yang digunakan jumlahnya lebih sedikit.

Inti dari mesin baru ini adalah membuat pembakaran bensin dan udara berlangsung rata dan bersamaan waktunya. Hal ini penting untuk mendapatkan energi dorong tambahan pada piston.

Rencananya, mobil Mazda yang dilengkapi dengan Skyactiv-X akan mulai dipasarkan pada 2019 mendatang. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya