Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 27 Oktober 2017 | 13:11 WIB
  • Tak Cuma Dasbor & Setir, Airbag akan Dipasang di Atap Mobil

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Pius Yosep Mali
Tak Cuma Dasbor & Setir, Airbag akan Dipasang di Atap Mobil
Photo :
  • Amazine
Kantung udara (airbag).

VIVA – Kantung udara atau airbag menjadi salah satu fitur keamanan standar pada kendaraan terbaru. Fungsinya, untuk menahan wajah maupun tubuh saat mobil mengalami tabrakan atau benturan keras di jalan raya.

Pada mobil standar, kantung udara biasanya disematkan di bagian dasbor dan setir mobil. Sementara di mobil mewah ada juga yang ditambahkan pada sisi samping jok, serta pada kiri dan kanan kabin untuk memastikan penumpang terlindungi.

Kini, sebuah inovasi dilakukan oleh Hyundai Mobis --anak perusahaan produsen mobil Hyundai-- dengan menciptakan airbag yang nantinya keluar dari di bagian atap mobil. Dikutip Motor1, Jumat, 27 Oktober 2017, Hyundai Mobil memperkenalkan untuk pertama kalinya airbag untuk mobil yang menggunakan atap kaca atau panoramic sunroof. Balon airbag akan meledak dalam hitungan 0,08 detik setelah benturan.

Airbag untuk panoramic sunroof ini dirancang untuk melindungi penumpang di dalam kabin menghantam kaca saat mobil terbalik ataupun saat kecelakaan lainnya. Saat sudah aktif, airbag akan menutup seluruh bagian atap kaca mobil. Sehingga diharapkan juga bisa meminimalisasi adanya serpihan kaca yang bisa melukai penumpang di kabin.

Perusahaan asal Korea Selatan tersebut menyebutkan, untuk menciptakan airbag di atap kaca bukan perkara mudah. Sebab perhitungan teknis harus dilakukan secara tepat untuk memaksimalkan perlindungan. Selain itu, secara teknis airbag juga dirancang untuk bisa berfungsi dalam keadaan atap kaca mobil tersebut dibuka maupun ditutup.

Hyundai Mobis sendiri sudah mematenkan 11 teknologi terkait dengan airbag untuk atap kaca mobil. Sayangnya, belum disebut secara jelas, airbag tersebut akan dipasang untuk mobil apa nantinya.