Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 28 Oktober 2017 | 10:44 WIB
  • Nissan Mulai Uji Coba Mobil Bisa Nyetir Sendiri

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Yunisa Herawati
Nissan Mulai Uji Coba Mobil Bisa Nyetir Sendiri
Photo :
  • Autoblog
All New Infiniti Q50

VIVA – Raksasa otomotif asal Jepang, Nissan, melakukan uji coba teknologi otonom atau swakemudi yang disematkan pada sedan sport teranyar, yakni Infiniti Q50 di jalanan umum Kota Tokyo. Teknologi propilot tersebut akan tersedia pada 2020 mendatang. Nissan mengklaim, teknologi ini memungkinkan mobil bisa beroperasi sendiri di jalan raya dan perkotaan.

Adapun cara pengoperasiannya, yakni pengemudi memilih lokasi tujuan dengan menggunakan sistem navigasi, selanjutnya mobil tersebut akan sampai di tempat tujuan. Prototipe teknologi otonom itu disebut, diciptakan dengan mengandalkan informasi dari 12 sonar sensor, 12 kamera, sembilan radar sensor, enam pemindai laser dan peta dengan tampilan resolusi tinggi.

Hal itu untuk menganalisa skenario kompleks secara akurat dan sistem navigasi yang mampu memahami kondisi jalan sekitar. Perangkat lunaknya pun telah ditingkatkan fungsinya untuk memperlancar transisi ketika melewati rintangan di jalan.

"Kecerdasan menjadi poros dari segala sesuatu yang kita lakukan di Nissan," kata Senior Vice President Nissan Motor Co Ltd untuk Research & Advanced Engineering Takao Asami, Jumat, 27 Oktober 2017.

Uji coba teknologi propilot itu juga bersamaan dengan peluncuran terbaru dari Nissan Leaf yang telah dilengkapi dengan teknologi tersebut. Di mana dapat digunakan pada satu lajur di jalan raya.

Selain pada Infiniti Q50, Nissan juga akan menyematkan teknologi ini pada jajaran produknya seperti Nissan Serena, X-Trail dan Rogue yang akan dihadirkan pada 2018 mendatang. (ren)

Saksikan video Nissan Note e-Power: