Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 3 November 2017 | 11:41 WIB
  • Perbedaan Jelas Suzuki S-Cross dengan Model Lawas

  • Oleh
    • Hadi Suprapto,
    • Jeffry Yanto Sudibyo
Perbedaan Jelas Suzuki S-Cross dengan Model Lawas
Photo :
  • Motorbeam
Suzuki S-Cross baru. Mobil Suzuki seharga Rp175 jutaan.

VIVA – Suzuki SX4 S-Cross dengan model terbarunya yang berubah total hadir di Tanah Air, pertama kali pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS 2016 lalu yang dibawa utuh dari India oleh PT Suzuki Indomobil Sales.

Tapi beberapa bulan kemudian, di pasar global S-Cross facelift sudah muncul dan mulai diperjual belikan awal 2017. Maka dari itu, agar tidak terbilang ketinggalan, PT SIS mulai mempersiapkan peluncuran S-Crosss model facelift ini di Tanah Air.

Bahkan, menurut pantauan VIVA, beberapa diler resmi Suzuki sudah mendapat unit S-Cross facelift yang didistribusikan oleh PT SIS, sebelum resmi diluncurkan. Kata Agus, salah satu wiraniaga diler Suzuki, waktu peluncurannya itu 10 November 2017.

"Harga jualnya beda Rp7 juta dari S-Cross model lama, yang baru untuk transmisi manual harganya Rp256 juta dan transmisi matik Rp268,85 juta. Kalau model lama untuk manual hanya Rp249 juta dan matik Rp261,85 juta," ujarnya, Jumat 3 November.

Lantas, apa saja perbedaannya?

Salah satu wiraniaga diler Suzuki yang tidak mau disebutkan namanya itu tidak sungkan-sungkan memberikan brosur S-Cross facelift inii. Dalam brosur tersebut ada beberapa poin perbedaan dengan model sebelumnya, dan paling signifikan di sektor ekterior.

Secara dimensi S-Cross model lama memiliki lebar 1,765 mm, sedangkan model ini lebih lebar yakni, 1,785 mm. Dan, model lama hanya setinggi 1,590 dan yang baru tingginya 1,595 mm. Pun radius putranya, S-Cross lama 5,2 m dan model facelift ini 5,5 m.

"Ground clearance (180 mili meter) masih sama yang beda lebar bodi dua sentimeter. Untuk warnanya ada empat artic white (putih), premium silver (silver), granite grey (abu-abu), dan warna barunya new stargaze blue (biru gelap)," tuturnya.

Tampak depan, yang terlihat jelas adalah desain grill vertikal terbaru dengan aksen krom yang mirip dengan grill BMW X1, desain lampu utama yang lebih agresif yang sudah dilengkapi projektor LED dan Daytime Running Light (DRL). 

Selain itu, pada bagian bumper bawahnya, desain skid plate diperbaharui dengan warna yang masih sama yakni, silver, dan desain cover foglamp juga baru lengkap dengan aksen krom. Menariknya, sudah ada fitur auto rain sensor.

Sementara itu, dari bagian samping, velg diberikan sentuhan desain baru dengan warna dual tone berukuran ring 16 yang dibalut ban 215/60. Untuk memberikan kesan crossover sejati, desain spion juga diubah, dan sekarang sudah ada side skid plate serta roof rack di bagaian atap mobil.

Bukan hanya itu, pabrikan mobil berlogo S ini juga memberi penyegaran pada tampilan belakangnnya, Mulai dari desain lampu belakang yang lebih terlihat minimalis lengkap dengan LED, bedanya bentuk lampu setop, desain pegangan bagasi. Bahkan, desain antena, wiper belakang dan skid plate di bawah bumper juga diubah.