Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 3 November 2017 | 13:06 WIB
  • Melihat Biaya Pasang 'Antigores' untuk Motor

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Yunisa Herawati
Melihat Biaya Pasang 'Antigores' untuk Motor
Photo :
  • Istimewa
Pasang stiker pada motor.

VIVA – Banyak cara mengubah tampilan sepeda motor menjadi lebih bergaya. Salah satunya menggunakan stiker pada bodi. Cara ini kian diminati karena proses pemasangan yang mudah dan tidak memakan banyak waktu.

Ada banyak bahan stiker yang beredar di pasaran aftermarket, seperti oracal dan skotlet. Stiker dengan material skotlet ini biasa dijajakan oleh pedagang variasi motor.

Penggawa DWK Motor Poltangan Raya, Bowo, mengungkapkan sebagian besar pemasangan skotlet pada sepeda motor difungsikan untuk menambah gaya tunggangan. Konsumennya pun banyak dari berbagai kalangan usia.

"Kebanyakan sih untuk gaya-gayaan saja. Yang lagi banyak sekarang pemasangan skotlet untuk motor NMax," kata Bowo kepada VIVA di Jakarta, Jumat 3 November 2017.

Pemasangan skotlet pada sepeda motor terbilang harus hati-hati, karena struktur lem atau perekatnya sangat lengket. Sehingga bila pemasangan salah, bisa-bisa sisa lem bisa tertinggal di bodi motor.

"Kalau skotlet biasa lemnya bisa ninggal, sekarang sih sudah banyak yang bagus jadi sudah enggak begitu susah. Waktu pengerjaan bisa tiga jam sesuai jenis motor dan motifnya," ujarnya.

Untuk memasang skotlet pada motor, pemilik harus merogoh kocek sebesar Rp375 ribu-Rp4,5 juta tergantung jenis motor dan motif dari konsumen. "Kalau skotlet biasa umur pemakaiannya enam bulan harus ganti, tapi rata-rata satu tahun baru ganti," tuturnya.

Senada, pemilik toko variasi GMS Motor, Aris, mengatakan umumnya pemasangan skotlet pada sepeda motor untuk menghindari bodi dari baret. Kata dia, pemasangan skotlet dilakukan pada motor-motor baru.

"Biasanya yang masang bapak-bapak, mereka masangnya buat menghindari motornya dari baret. Seperti handphone deh pakai antigores, biar bodi enggak lecet dan kena baret," ujarnya.

Aris mengatakan untuk pemasangan skotlet biasanya dibanderol dengan harga Rp300 ribu hingga Rp2 jutaan, namun tergantung dengan jenis motor dan kesulitan motor. Dan bisa awet sekitar satu tahun. "Kalau motor sport full bodi bisa Rp700 ribu sampai Rp900 ribu, itu kalau polos. Kalau motif bisa mahal lagi," katanya. (ren)