Apa Kabar Mobil Perdesaan?

Purwarupa mobil pedesaan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasin Fadilah

VIVA – Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian sejak tahun lalu mengembangkan mobil perdesaan bersama Institut Otomotif Indonesia.

Mobil Termurah di Indonesia Punya Segudang Fitur

Prototipe mobil pedesaan hasil pengembangan Kementerian Perindustrian adalah Generasi 2A, dan prototipe kendaraan pedesaan yang dikembangkan IOI adalah Generasi 2B.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, pengembangan prototipe mobil pedesaan yang dilakukan institusinya masih dalam tahap pengujian di sejumlah instansi.

Persaingan Mobil Listrik Murah Diprediksi Memanas, MG Siap Ikut

Uji teknis dan laik jalan dilakukan di Kementerian Perhubungan, dan pengujian emisi di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Pengujian ketahanan dilakukan sampai jarak 100 ribu kilometer.

"Prototipe yang dihasilkan saat ini masih harus disempurnakan, baik dari desain bodi maupun performa. Dalam hal ini, IOI bertugas menyempurnakan prototipe tersebut," kata Airlangga melalui keterangan tertulis yang diterima VIVA, Selasa 7 November 2017.

Daftar Mobil Murah di IIMS 2024, Harga Rp100 Jutaan

Prototipe mobil pedesaan yang dikembangkan adalah dalam bentuk kendaraan untuk perontok padi dan penggiling padi, serta kendaraan yang dapat berfungsi sebagai angkutan material (dump truck).

"Kami mendesain kendaraan pedesaan yang multifungsi. Selain untuk penggerak kendaraan, bisa juga digunakan sebagai penggerak mesin pertanian dan hidrolik pengangkutan," ujarnya. 

Airlangga mendorong industri otomotif di Tanah Air untuk nantinya bisa mengembangkan mobil pedesaan. Hal ini untuk meningkatkan ekonomi masyarakat serta mewujudkan kemandirian penguasaan teknologi oleh anak bangsa.

"Pemerintah menyiapkan regulasi kendaraan pedesaan supaya bisa dikembangkan industri nasional. Artinya, harus dibuat di Indonesia. Purnajual dan jaringan distribusi tengah dipertimbangkan, termasuk uji pasarnya," katanya.

Menurut Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan, standarisasi platform kendaraan angkutan multiguna pedesaan meliputi bodi dan sasis untuk pikap dan kendaraan penumpang, serta kapasitas mesinnya kurang dari 1.000 cc. (hd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya