Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 7 November 2017 | 15:19 WIB
  • Ingin Lebih Kece, Berikut Pilihan Velg Aftermarket Xpander

  • Oleh
    • Toto Pribadi,
    • Jeffry Yanto Sudibyo
Ingin Lebih Kece, Berikut Pilihan Velg Aftermarket Xpander
Photo :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto
Velg

VIVA – Sebagai mobil pendatang baru di kelas Multi Purpose Vehicle (MPV), peminat Mitsubishi Xpander di Tanah Air terbilang banyak. Bahkan, sejak peluncurannya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus 2017, sampai saat ini jumlah pemesanannya sudah puluhan ribu unit.

Secara tampilan, MPV yang diracik Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) ini mempunyai bentuk khas dengan menggunakan bahasa desain Dynamic Shield. Untuk urusan kaki-kaki, Xpander memiliki ground clearance 205 milimeter dengan pilihan velg ring 15 inci kaleng dan 16 inci racing.

Karena Xpander untuk tipe terendah hanya menggunakan velg ring 15 inci yang terbuat dari bahan kaleng, para konsumen pun bisa menggunakan velg after market yang sudah tersedia di pasaran dengan desain dan harga yang cukup bervariatif.

Salah satunya toko velg di kawasan Jakarta Barat menawarkan berbagai macam velg after market, namun velg tersebut replika dari versi original. Maka tidak heran jika harga yang ditawarkan murah meriah. Kata Yopie Karuci, punggawa SM Motorsport velg yang tersedia di sini buatan China dan Thailand jadi replika dari versi aslinya.

"Kami di sini banyak pilihan velg ada Konig ring 18 dengan lebar 8 harganya Rp6,5 juta belum termasuk pemasangan dan ban. Ada juga Frozen ring 17 harganya juga sama Rp 6,5 juta pokoknya rata-rata segitu harganya termasuk replika Lexus," ujarnya kepada VIVA.co.id di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa 7 November 2017.

Lebih Mahal

Sementara, jika melihat harga velg original bekas yang ditawarkan Stage Two Autostore di kawasan Jakarta Selatan harganya jelas lebih mahal meskipun dalam kondisi bekas pakai. Kata Dimas Priyandra, pemilik toko, harga yang ditawarkan memang lebih mahal, tapi kualitas jelas lebih bagus ketimbang replika.

"Kondisi velg ada yang dari baru beberapa bulan pemakaian, sampai 10 tahun. Tapi umumnya kondisi masih mulus hingga 90 persen. Yang terpenting kualitas velg original jauh melebihi velg replika atau buatan taiwan. Kami di sini ada velg Desmond Regamaster Evo ring 17 lebar 7 offset 45 buatan Russia harganya Rp16,5 juta yang bisa pakai profile ban 205/50 dan 215/50," ujarnya.

Lanjut dia, selain itu ada juga velg Advan RG II ring 18 lebar 8-9 offset 37-34 buatan Jepang bisa pakai ban 205/45 dan 215/45 harganya Rp 22 juta dan Rotiform CCV ring 19 lebar 8,5 offset 45 yang bisa pakai ban 235/35 harganya Rp 16 juta. Menurutnya jika ingin nuansa elegan bisa pakai model Rotiform, sedangkan nuansa sporty pakai Advan atau Regamaster. (ren)