Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 10 November 2017 | 15:59 WIB
  • Apa Beda S-Cross Terbaru Versi Indonesia dan India?

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Jeffry Yanto Sudibyo
Apa Beda S-Cross Terbaru Versi Indonesia dan India?
Photo :
  • Motorbeam
Suzuki S-Cross baru. Mobil Suzuki seharga Rp175 jutaan.

VIVA – Untuk menggencarkan pasar mobil di kelas crossover, Suzuki menyegarkan SX4 S-Cross. Ubahan ringan meliputi eksterior, penambahan fitur-fitur baru, serta urusan dapur pacunya. Di pasar India S-Cross hadir menggantikan mesin diesel 1.600 cc versi sebelumnya dengan mesin diesel DDiS hybrid SHVS berkapasitas 1.300 cc yang lebih irit.

Memang di negara asalnya, India, S-Cross hanya ditawarkan dengan mesin diesel. Berbeda dengan negara lainnya seperti Indonesia yang memang hanya disediakan versi mesin bensin saja. Di Indonesia, S-Cross teranyar yang baru saja diluncurkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) masih mengandalkan mesin versi sebelumnya, 1.491 cc berkode M15A.

Lalu mengapa PT SIS tidak tertarik membawa masuk mesin diesel hybrid ini? "Kami masih on progress berkaitan dengan opportunity yang ada ke depan seperti apa. Secara produk kita sudah mengenalkan Ertiga diesel hybrid. Nah, S-Cross kita fokus mesin bensin dengan 1.500cc. Ke depan masih on studi," ujar Dony Saputra, 4W Marketing Director PT SIS di Pondok Indah, Jakarta Selatan, Jumat 10 November 2017.

Dony mengatakan, pihaknya berharap publik di Tanah Air bersabar, karena bisa saja pilihan itu dihadirkan ke Tanah Air. Lalu apa perbedaan S-Cross versi India dengan RI?

"Tentunya ada, karena spek dan regulasi yang ada di India dan Indonesia berbeda. Di India pakai standar homologasi bisa Euro 4. Sekarang (Indonesia) masih standar Euro 2, tapi jangan khawatir kalau tahun depan sudah berubah (aturan regulasi) kita sudah persiapkan," ujarnya menambahkan.

Perbedaan lainnya adalah fitur yang disesuaikan dengan karakter konsumen di Tanah Air, termasuk penyesuaian bahan bakar dengan yang dijual di Indonesia. "Fitur dan lain sebagainya kita sesuaikan dengan konsumen yang ada di Indonesia, di India diesel 1.300 cc enggak punya bensin, di Indonesia justru pakai bensin. Setiap produk kami sesuaikan dengan regulasi pasar." (mus)