Perang Mobil MPV, Xpander Balas 'Pukulan' Wuling

Peluncuran Mitsubishi Xpander
Sumber :
  • VIVA.co.id/Krisna Wicaksono

VIVA – Pasar mobil keluarga kasta terendah diramaikan dengan dua pendatang baru, Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero. Dua mobil ini dihadirkan untuk mengganggu penjualan mobil low MPV sejuta umat, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Mobil Baru Calon Pembunuh Avanza Punya Mesin Lebih Bertenaga

Selain itu, Xpander dan Confero juga menjadi ancaman bagi MPV dari merek lain, seperti Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio.

Harga Confero yang lebih murah membuat mobil merek China ini bersaing dengan mobil-mobil yang masuk dalam kategori low cost green car atau LCGC.

Harga Avanza Baru dan Xpander Sebelum Diskon PPnBM Berakhir

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, MPV terlaris pada Oktober 2017 masih diraih oleh Toyota Avanza dengan angka 9.064 unit.

Peringkat selanjutnya ditempati oleh Daihatsu Xenia 3.659 unit, disusul oleh Suzuki Ertiga dengan 2.401 unit. Pada urutan berikutnya, terjadi perubahan yang cukup mengejutkan.

Mobil Baru Calon Pesaing Avanza Berkeliaran di Tol Cipularang

Peringkat keempat yang tadinya ditempati Honda Mobilio kini dihuni Mitsubishi Xpander. Sebab, pengiriman Xpander dari pabrik ke diler pada Oktober kemarin mencapai 2.351 unit, lebih banyak 26 unit dari Mobilio.

Sementara itu, Wuling Confero yang tadinya berada di atas Xpander kini harus rela menempati urutan keenam, dengan jumlah distribusi sebanyak 903 unit.

Jika ditotal, pada tahun ini sudah 3.447 unit Xpander yang dikirim dari pabrik ke diler. Sedangkan untuk Confero, angkanya baru mencapai 3.115 unit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya