Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 15 November 2017 | 08:24 WIB
  • Honda Jazz Kembali 'Pecundangi' Toyota Yaris

  • Oleh
    • Toto Pribadi,
    • Pius Yosep Mali
Honda Jazz Kembali 'Pecundangi' Toyota Yaris
Photo :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id
Honda Jazz vs Toyota Yaris.

VIVA – Bicara soal penjualan mobil, model hatchback bisa menjadi yang kurang diminati di Indonesia. Maklum, model ini memiliki tampilan dan fungsi sejenis sedan, namun memiliki ciri khas karena tidak memiliki bentuk bagasi belakang.

Meski demikian, mobil hatchback yang dijual di Indonesia saat ini sangat beragam. Jika model mobil keluarga didominasi merek Jepang, maka di pasar hatchback sangat berbeda.

Merek mobil dari negara Jepang, Korea, Jerman, hingga Inggris berlomba-lomba menawarkan produknya. Pabrikan-pabrikan tersebut berupaya menggoda konsumen Tanah Air dengan beragam model atau line-up terbaik yang sesuai pasar di Indonesia.

Hal ini tentu saja menimbulkan pertanyaan, seberapa laris mobil 'tanpa buntut' ini di Indonesia? Dari data Gaikindo yang diterima VIVA, diketahui penjualan wholesales mobil jenis ini pada bulan Oktober 2017 mencapai 2.606 unit.

Di segmen ini, Honda Jazz dan Toyota Yaris saling berebut tahta. Pada bulan ke-10 2017, Honda Jazz berhasil jadi pemenang dengan penjualan 1.040 unit, sementara Toyota Yaris di angka 571 unit. Di bulan sebelumnya, September, Jazz juga mampu mengungguli Yaris. Pada September, Jazz mampu terjual 1.173 unit sedangkan Yaris 704 unit

Masuk tiga besar pada penjualan bulan Oktober adalah Suzuki Baleno Hatchback sebanyak 581 unit yang sebelumnya menjadi milik Honda Civic Hatchback.

Mobil hatchback lainnya, seperti Mazda 2 mencatat angka penjualan 85 unit, Kia All New Rio 20 unit, Hyundai i20 6 unit. Sementara produk dari daratan Eropa, yakni Mini Cooper sebanyak 25 unit dan Volkswagen Polo 40 unit. (one)