Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 16 November 2017 | 10:52 WIB
  • Gelar SUV Terlaris, Lebih Banyak CR-V atau Fortuner?

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono,
    • Pius Yosep Mali
Gelar SUV Terlaris, Lebih Banyak CR-V atau Fortuner?
Photo :
  • VIVA.co.id/Jeffry
Toyota Fortuner TRD Sportivo terbaru

VIVA – Pasar mobil pribadi di Indonesia semakin marak dengan kehadiran berbagai model terbaru. Di kelas mobil penumpang ada pendatang baru Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero, sedangkan segmen city car diramaikan oleh Suzuki Ignis.

Meski memiliki beberapa keunggulan, namun tidak semua mobil baru bisa menggeser model lama dari posisi mobil terlaris. Lihat saja di kelas mobil keluarga versi terendah, Avanza belum berhasil digeser oleh Xpander dan Confero.

Hal sebaliknya terjadi di segmen city car. Ignis yang pertama kali dipasarkan pada Maret 2017 langsung populer. Bahkan, saat ini penjualannya rata-rata di atas 1.000 unit per bulan.

Sementara itu, Honda Brio, Daihatsu Sirion dan Mitsubishi Mirage tidak mampu menyentuh angka tersebut selama dua bulan belakangan ini.

Namun, persaingan di segmen sport utility vehicle atau SUV tidak berubah. Tiga mobil yang populer di segmen ini yaitu Toyota Fortuner, Honda CR-V dan Mitsubishi Pajero Sport.

Model baru Fortuner yang diluncurkan tahun lalu hingga saat ini masih cukup baik penjualannya. Menurut data Gaikindo, periode Januari-Oktober 2017 Fortuner sudah dikirim dari pabrik ke diler sebanyak 20 ribu unit.

Sedangkan CR-V di periode yang sama baru mencapai 11 ribuan unit dan Pajero Sport 15 ribuan unit. Khusus di Oktober, mobil terlaris adalah CR-V. Bulan sebelumnya, posisi itu diisi oleh Pajero Sport.

Kehadiran CR-V baru versi Turbo tampaknya sukses mendongkrak penjualan Honda tahun ini. Sejak dipasarkan pada Juni tahun ini, angka penjualannya mencapai ribuan unit. Padahal, sebelumnya hanya ratusan unit saja.

Jika melihat tahun-tahun sebelumnya, tiga SUV ini saling susul penjualannya. SUV terlaris di 2016 adalah Fortuner, sedangkan Pajero Sport di posisi kedua dan CR-V ketiga.

CR-V menjadi SUV terlaris di 2005, 2007-2010, 2013, dan 2015. Fortuner mengisi posisi pertama di 2006, 2011-2012,2014, dan 2016. Pajero Sport hingga saat ini belum berhasil menjadi SUV terlaris selama satu tahun. (ren)