Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 17 November 2017 | 14:19 WIB
  • Hantam Tiang Listrik, Pantas Saja Airbag Tak Mengembang

  • Oleh
    • Rendra Saputra
Hantam Tiang Listrik, Pantas Saja Airbag Tak Mengembang
Photo :
  • www.inautonews.com
Ilustrasi Airbag.

VIVA – Kantung udara alias airbag pada mobil memiliki fungsi melindungi pengendara saat terjadi benturan. Namun, pada kasus kecelakaan yang menimpa tersangka kasus korupsi e-KTP, sekaligus Ketua DPR Setya Novanto, di Permata Hijau, Jakarta Selatan, kantung udara tak berfungsi.

Ternyata airbag tak selalu harus mengembang saat kendaraan mengalami benturan. Sebab ada beberapa faktor yang memicu airbag benar-benar mengembang.

Seperti dilansir Crowdvoice, airbag tak dapat mengembang jika mobil mengalami benturan dari arah samping. Tak cuma itu, airbag juga tak bisa mengembang jika kendaraan terguling, dan benturan dari belakang.

Sementara jika dilihat dari kasus Fortuner yang ditumpangi Setya Novanto, benturan terjadi di depan, tepatnya bagian tengah. Seharusnya airbag tentu saja mengembang.

Ternyata ada beberapa syarat airbag dapat mengembang pada kecelakaan. Pertama yakni kecepatan rendah tentu tak membuat kantung udara mengembang. Selanjutnya kantung udara pada mobil juga tak bisa mengembang bila kendaraan menabrak objek yang lebih tinggi, menabrak tiang tepat di tengah dan benturan menyudut.

Selain itu, kantung udara juga tak bisa mengembang bila kendaraan menabrak dinding tak bergerak, termasuk kendaraan yang menabrak kendaraan lain yang terparkir atau rambu-rambu lalu lintas. Di kondisi demikian hanya fitur pretensioner sabuk pengaman yang akan langsung aktif.

Kantung udara dapat mengembang karena ketika terjadi tabrakan, reaksi kimia dalam inflator akan mengisi airbag dengan gas tidak beracun hingga airbag melembung. Kondisi lain yang dapat membuat kantung udara mengembang tidak hanya kecelakaan saja. Seperti yang sering dijelaskan pada buku manual kendaraan, benturan serius ke bagian bawah mobil dapat menggembungkan kantung udara.

Beberapa contoh benturan tersebut adalah menabrak pinggiran jalan, trotoar jalan atau permukaan yang keras, jatuh atau lompat ke dalam lubang yang dalam, dan mendarat keras atau kendaraan terjatuh.  (hd)

Baca juga: Bikin Setnov Benjol, Berapa Kecepatan Fortuner saat Benturan