Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 19 November 2017 | 17:29 WIB
  • Tragedi Tiang Listrik, Fortuner Klaim Penuhi Standar Global

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama,
    • Yunisa Herawati
Tragedi Tiang Listrik, Fortuner Klaim Penuhi Standar Global
Photo :
  • VIVA/Foe Peace Meyel
Mobil Fortuner yang ditumpangi Setya Novanto saat mengalami kecelakaan tunggal pada Kamis petang, 16 November 2017.

VIVA – Insiden kecelakaan yang dialami Ketua DPR Setya Novanto berimbas pada Toyota Astra Motor. Sebab, saat peristiwa itu terjadi, Novanto sedang menumpangi Toyota Fortuner.

Mobil yang ditumpangi Ketua Umum Partai Golkar itu menabrak lampu penerangan jalan di Kawasan Permata Hijau Jakarta Selatan. Executive General Manager Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto menepis tudingan Toyota Fortuner merupakan kendaraan
yang tidak aman.

Menurut dia, produk yang telah diluncurkan pabrikannya telah memenuhi standar kualitas global.

"Pada dasarnya kualitas produk merupakan prioritas utama kami di mana produk yang diluncurkan Toyota telah memenuhi standar kualitas global termasuk Fortuner. Sehingga tak hanya diminati oleh pelanggan di Indonesia tapi juga negara lainnya," kata Soerjo kepada VIVA, Minggu, 19 November 2017.

Ia mengatakan, sejak kehadiran Toyota Fortuner di Indonesia pada 2006 silam, mobil tersebut diklaim telah menjadi unggulan masyarakat dalam memilih kendaraan roda empat di segmen sport utility vehicle atau SUV.

"Dan mobil ini adalah salah satu tulang punggung ekspor otomotif nasional. Fortuner telah dipasarkan ke berbagai negara dan diterima oleh konsumen di masing-masing negara," ujarnya menambahkan.

Lebih jauh dia juga menyayangkan peristiwa yang menimpa Novanto, yang menyebutkan bahwa insiden tersebut merupakan "musibah" bagi Toyota, lantaran telah berimbas pada perusahaannya.

"Toyota turut prihatin atas kecelakaan yang menimpa Pak Setya Novanto. Buat Toyota, kejadian ini juga merupakan musibah buat kami," kata dia.

Dalam sebuah wawancara kepada wartawan di Rumah Sakit Medika Permata Hijau Jakarta Selatan, Kuasa Hukum Setya Novanto, Fredrich Yunadi menyebut bahwa mobil Toyota Fortuner yang ditumpangi Ketua Umum Partai Golkar itu bukan mobil bagus.

Sebab akibat insiden tersebut, Novanto mengalami luka benjolan yang disebut sebesar bakpao.

"Beliau pakai mobil namanya mobil Fortuner kan, bukan mobil baguslah. Kalau saya pakai mobil mewah itu kan karena kan saya suka, beliau mungkin enggak suka-suka gituan. Kan, setiap orang beda," kata Fredrich kepada wartawan usai insiden kecelakaan itu terjadi.