Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 20 November 2017 | 15:08 WIB
  • Beredar Desain Mobil China Tiru Produk Ford, Sangat Mirip

  • Oleh
    • Rendra Saputra
Beredar Desain Mobil China Tiru Produk Ford, Sangat Mirip
Photo :
  • Paultan
Desain Projen meniru Ford Raptor F-150.

VIVA – Masih ingat lima tahun lalu ada sebuah produsen mobil China yang mengumumkan siap untuk menghadirkan kloningan dari Ford F-150? Nah kini ada produsen mobil lain yang muncul dan menggadang-gadang siap merilis tiruan dari F-150.

Menariknya, desainnya terlihat lebih berani dari produsen lain yang berencana menghadirkannya. Dilansir Paultan, Senin 20 November 2017, perusahaan otomotif itu disebut Projen, anak perusahaan dari Lifan. Laporan dari China mengungkap, mobil itu benar-benar mirip dan identik dengan truk pikap buatan Ford.

Kemiripan paling kentara ada pada bagian depan, di mana lampunya diambil langsung dari desain Ford F-150 generasi ke-13 dan grill heksagonal hitam dari Raptor.

Item yang akrab dan turut dijejali pada mobil buatan Projen termasuk desain tailgate, roda-roda besar dibalut ban gemuk. Bahkan, lampu ekornya sangat mirip dengan Raptor. Satu-satunya hal yang tidak dimiliki Projen tentu saja dapur pacunya. Konon mobil itu akan diberikan mesin turbodiesel berkapasitas 2,5 liter.

Sebenarnya Ford sudah melakukan pengamanan dengan mematenkan desain dari Raptor di China. Paten dilakukan pada Raptor berbasis F-150 generasi ke-12. Namun munculnya desain ini tentu menjadi pertanyaan banyak pihak. Sebegitu beranikah produsen China untuk membuat tiruannya. (hd)