Penasaran, Berapa Kali Pintu Mobil Buka-Tutup dalam Setahun?

Mobil pintu geser.
Sumber :
  • Youtube capture

VIVA – Mungkin terdengar sepele, namun tetap menarik untuk disimak. Ya, seperti informasi yang satu ini. Berapa banyak rata-rata pintu mobil dibuka dan ditutup tiap tahunnya?

2 Angkot Biru Ini Jadi Viral di Media Sosial

Nissan ternyata punya datanya. Pabrikan otomotif asal Jepang itu menyebut tiap tahun pintu mobil dapat dibuka-tutup sebanyak 4.500 kali. Artinya dalam 10 tahun, sesuai usia mobil, bisa mencapai rata-rata 45 ribu kali buka-tutup. Demikian seperti dikutip ExtremeTech, Selasa 21 November 2017.

Cara membuka dan menutup pintu pemilik kendaraan memang berbeda-beda, ada yang penuh dengan kelembutan, terkadang penuh dengan antusias, dan bahkan membantingnya ketika tengah emosi alias galau.

Cara Pemotor Hindari Basah saat Hujan Ini Bikin Warganet Tersenyum

Ternyata ini semua sudah dipikirkan masak-masak oleh pabrikan otomotif. Nissan sendiri mengaku punya perangkat uji otomatis untuk menguji ketahanannya, mulai dari daya tahan engsel pintu, mekanisme kait, weatherstripping, hingga bingkai kaca jendela. Mereka menggunakan robot yang diberi nama Rosie (nama asli Doorboto) yang ada di Nissan Technical Center North America (NTCNA) di Michigan.

Robot dengan bobot 1,5 ton itu memang bertugas membuka dan menutup pintu mobil untuk menguji durabilitas. Rosie bisa buka dan tutup pintu mobil tiap enam detik atau 14 ribu kali sehari.

Honda Jazz Nekat Masuk Jalur Sepeda, Sanksinya Enggak Main-main

Robot itu bekerja sepanjang waktu, tanpa kopi, kamar mandi atau istirahat makan siang. Untuk semua pekerjaannya Nissan mengatakan, "Domo arigato, Mrs. Doorboto."

Ilustrasi mencuci mobil

Puluhan Orang Didenda Gara-gara Mencuci Mobil

Hanya dalam tiga hari, pemerintah setempat telah mendenda 22 pelanggar dengan total 110 ribu rupee atau sekitar Rp20 jutaan.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024