Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 21 November 2017 | 12:17 WIB
  • Tua-tua Keladi, Mobil Peugeot Jadul Ini Terjual Rp98 Miliar

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Pius Yosep Mali
Tua-tua Keladi, Mobil Peugeot Jadul Ini Terjual Rp98 Miliar
Photo :
  • Carscoops
Peugeot L45 Grand Prix buatan 1914.

VIVA – Semakin tua usia mobil, bukan berarti harganya menjadi jatuh atau tidak laku, tetapi bisa jadi lebih mahal dari banderol sebuah mobil baru. Salah satu contohnya, mobil Peugeot L45 Grand Prix buatan 1914 yang satu ini.

Dilansir dari Carscoops, Selasa 21 November 2017, mobil Peugeot L45 Grand Prix tersebut laku dengan harga US$7,26 juta atau setara Rp98,3 miliar. Mobil terjual dalam acara lelang Bonhams Auction di Los Angeles, Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

Lalu, apa yang membuat mobil ini memiliki harga fantastis? Mobil ini sudah direstorasi, artinya tampilan mobil bagian luar maupun dalam sama seperti spesifikasi asli dari pabriknya.

Tak hanya itu, Peugeot L45 Grand Prix ini pernah menjadi juara di berbagai ajang balap pada zaman itu, yang menjadikannya sebagai ikon mobil kencang di zamannya. Tampilannya juga unik, serta memiliki dua kursi untuk penumpang di kabinnya.

Untuk urusan jantung penggerak, Peugeot L45 Grand Prix two-seater ini aslinya menggunakan mesin 3.000cc. Namun, untuk kebutuhan balap, mesinnya diganti dengan yang berkapasitas 4.500cc dengan tenaga 112 daya kuda di putaran mesin 2.800 rpm.

Sebagai pelengkap, mobil ini sudah menggunakan rem drum pada empat rodanya, suspensi model semi-eliptical (semi per daun), serta as roda di depan maupun belakangnya. Mobil Peugeot lawas ini juga disebut spesial, karena menggunakan rangka dengan nomor seri 01, dan begitu juga pada nomor mesinnya. (art)