Banyak Pelanggan Kecewa, Nissan Minta Waktu Tiga Tahun

Nissan
Sumber :
  • REUTERS

VIVA – PT Nissan Motor Indonesia sampai saat ini masih enggan meluncurkan produk baru. Sebab, mereka masih harus membenahi layanan purna jual yang dianggap kurang memuaskan oleh konsumen.

Nissan March Punya Wajah dan Fitur Baru, Harga Mulai Rp152 Jutaan

Beberapa program layanan sudah mereka berikan, seperti servis darurat 24 jam yang berlaku di delapan kota besar, jaminan ketersediaan suku cadang hingga 24 jam atau gratis jika datangnya terlambat serta gratis jasa servis 50 ribu kilometer.

Tapi, program-program tersebut tidak berhasil memikat konsumen. Menurut survei JD Power, tingkat kepuasan pelanggan Nissan di Indonesia menurun drastis di 2017. Dari urutan kedua tahun lalu menjadi peringkat kesembilan tahun ini.

Bakal Ada Lagi Nih Mobil Baru Nissan, Modelnya Double Cabin

Presiden Direktur NMI, Eiichi Koito, mengatakan, tingkat kepuasan pelanggan Nissan memang harus segera diperbaiki.

"Sejak saya masuk, saya sampaikan kepada seluruh pegawai NMI bahwa kepuasan juga menjadi bagian dari produk. Kami tak hanya menjual mobil atau pun suku cadangnya semata, kami juga menjual kepuasan. Sekarang kami sedang memulai melakukan perubahan itu," ujarnya di Pantai Balangan, Bali, Kamis 23 November 2017.

Mengenal Lebih Dekat Mobil Nissan Magnite yang Dijual di RI

Kata dia, hal tersebut sudah dilakukan secara agresif, dengan menyampaikan langsung kepada jaringan dan diler.

"Kami harap di masa mendatang bisa lebih baik. Sulit untuk menyebut angka langsung, itu semua tergantung dengan penerimaan pelanggan. Satu tahun sulit untuk dicapai. Sepanjang pengalaman saya, minimum tiga tahun itu bisa berbuah," tuturnya.

Hal senada juga disampaikan General Manager Marketing and Strategy NMI, Budi Nur Mukmin.  “Ini jadi pekerjaan rumah untuk kami. Masih butuh waktu dua atau tiga tahun ke depan untuk konsisten di peringkat-peringkat atas,” jelas Budi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya