Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 23 November 2017 | 15:33 WIB
  • Sensasi Jadi Sopir Truk Hyundai XCIENT

  • Oleh
    • Toto Pribadi
Sensasi Jadi Sopir Truk Hyundai XCIENT
Photo :
XCIENT 6x4

VIVA – PT Hyundai Oto Komersial Indonesia (HOKI) memberi kesempatan kepada media termasuk VIVA untuk menjajal dua produk unggulannya, XCIENT dan All New Hyundai Mighty. Kali ini VIVA akan mereview dua truk Hyundai tersebut.

Test drive sendiri dilakukan di proyek perumahan Citra Indah, Cileungsi, Jawa Barat. Lokasi ini dipilih karena medan yang dianggap komplet untuk menjajal performa dua truk andalan Hyundai tersebut.

"Lokasi proyek perumahan Citra Indah ini dipilih agar media bisa merasakan XCIENT di jalan aspal dan tanah. Sedangkan untuk Mighty hanya di jalan aspal. Trek tidak hanya datar tapi juga tanjakan yang memungkinkan untuk pengetesan performa kendaraan lengkap dengan bebannya," kata Ari Tristianto Wibowo, Marketing Manager HOKI.

Dalam kesempatan pertama, VIVA mencoba menjajal All New Mighty, kendaraan niaga yang masuk model Light Duty Cargo Truck. Mighty diberi beban 200 zak semen putih atau setara 8 ton sehingga berat total digabung dengan berat kendaraan mencapai 10 ton.

Dengan beban yang overload, Mighty memang tampak 'ngos-ngosan', namun tentu hal tersebut sangat wajar terlebih dengan jalan tanjakan. Perbedaan terasa jelas saat beban diturunkan di mana Hyundai Mighty tampak gesit melaju bahkan di jalan tanjakan.

"Yang menjadi unggulan dari truk ini adalah kita seperti mengemudi mobil biasa. Biasanya pabrikan truk lain tidak peduli dengan posis mengemudi. Padahal itu penting karena mempengaruhi kelelahan. Posisi mengemudi ini yang kami perhatikan dengan menawarkan pedal yang pas, jok yang nyaman serta telah dilengkapi dengan tilt dan telescopik steering wheel," kata Ari menjelaskan.

Masih menurut Ari, truk Mighty ini juga telah dilengkapi dengan tombol exhaust brake yang akan berguna saat turunan sehingga tak murni mengandalkan rem. Truk ini juga telah dilengkapi dengan audio, power outlet, tombol hazard serta fitur-fitur lainnya.

Setelah puas menjajal All New Mighty, saatnya VIVA mencoba XCIENT 6x4, kendaraan niaga yang masuk kelas Heavy Duty Dump. Tampilan luarnya sangat gagah. Sebab, secara tampilan memang sangat menjulang tinggi dibanding kompetitor sekelasnya.

Kali ini, XCIENT diberi muatan tanah dari galian proyek dengan total muatan 40 ton. Truk dicoba melahap turunan dan tanjakan jalan aspal. Kesan pertama, tenaga yang dihasilkan truk ini sangat terasa. Saat masuk gigi satu hentakan kuat langsung terasa meski berada di lokasi galian proyek.

Sebagai informasi, Hyundai XCIENT yang ditanami mesin enam silinder segaris D6CA41 turbocharger intercooler dengan pendingin cair ini punya tenaga maksimum 410 PS di 1.900 rpm dan torsi maksimum 188 kg.m di 1.500 rpm.

Di sela-sela test drive, VIVA juga mencoba meminta pendapat instruktur yang ditunjuk Hyundai. Kebetulan, ia juga biasa memegang truk dengan merek tertentu. Pria yang akrab disapa Odeng ini membeberkan keunggulan dari truk Hyundai.

"Saya biasa megang truk gede, tapi truk yang satu ini punya beberapa keunggulan. Pertama gagah, kalau naik ke kabin dan papasan dengan truk lain kita lebih tinggi. Lalu untuk tenaga juga terlihat lebih bagus. Tadi saya mencoba di jalan tanah hentakannya lebih kuat padahal sudah ada muatannya," kata Odeng.

Sebagai catatan, Hyundai Xcient yang diuji adalah model standar. Sedangkan untuk model yang akan dijual di Indonesia tahun depan akan punya spesifikasi berbeda termasuk sudah diberi penguat penguat pada sasis, transmisi, dan gardannya, termasuk propeller shaft yang sesuai dengan kondisi jalan Indonesia.