Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 24 November 2017 | 15:22 WIB
  • Tampil Mirip, Apa Beda Rush dan Terios Terbaru?

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Pius Yosep Mali
Tampil Mirip, Apa Beda Rush dan Terios Terbaru?
Photo :
Peluncuran All New Terios

VIVA – Toyota All New Rush dan Daihatsu All New Terios teranyar baru saja secara resmi meluncur di Indonesia. Kedua mobil yang masuk di segmen low sport utility vehicle tersebut hadir setelah 10 tahun tanpa ubahan yang berarti.

All New Toyota Rush dan All New Terios menggendong mesin sama, yakni  berkapasitas 1.500cc berbahan bakar bensin. Kedua mobil baru tersebut hadir dalam dua varian, G dan TRD Sportivo pada Toyota Rush, serta X dan R di Daihatsu Terios. Pada masing-masing variannya memiliki pilihan transmisi manual maupun otomatis.

Meski lahir sebagai saudara kembar, kedua mobil low sport utility vehicle ini ternyata memiliki perbedaan. Ini bisa dilihat dari bagian luar maupun di dalamnya, termasuk fitur-fitur yang disematkan pada keduanya.

Jika melihat bagian eksterior, sekilas memang 'si kembar' ini seperti tidak memiliki perbedaan. Namun jika melihat lebih detail, perbedaan sudah terlihat pada grille, bezel foglamp, serta front aero kit. Pada Toyota Rush, grille berwarna hitam baik di tipe G maupun TRD Sportivo, Bezel (cover) fog lamp hitam, dan front Aerokit dilabeli "TRD'.

All New Toyota Rush 2017.

Sementara di Daihatsu Terios, untuk tipe X grille juga berwarna hitam, menggunakan bezel hitam tanpa foglamp, dan aero kitnya juga hitam. Untuk varian R, grille dan bezel menggunakan bahan krom dan aerokit dicat silver.

Dari samping, perbedaan Rush dan Terios ada pada bagian peleknya. Daihatsu Terios menggunakan model bintang, sementara pelek Toyota Rush lebih mirip baling-baling. Sementara di belakang keduanya tidak memiliki perbedaan, kecuali pada logo merek dan nama produk mobilnya saja.

Masuk ke dalam kabin, Toyota Rush maupun Daihatsu Terios memiliki perbedaan pada indikator sabuk pengaman untuk seluruh penumpang yang hanya dimiliki Rush. Selain itu, pada Rush tipe TRD Sportivo memiliki delapan speaker audio, sedangkan di kabin Terios hanya ada enam speaker.

Bicara soal fitur keamanan, perbedaan mencolok ada di jumlah kantung udara (airbag). Pada All New Toyota Rush terdapat enam SRS airbag untuk melindungi penumpang, sementara All New Daihatsu Terios hanya ada dua SRS airbag.

Selain perbedaan pada eksterior, interior, hingga fitur keselamatan, Toyota Rush dan Daihatsu Terios biasanya memiliki perbedaan harga jual. Sayang, baik Toyota maupun Daihatsu masih menutup rapat informasi harga untuk menebus kedua mobil ini. (hd)