Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 26 November 2017 | 14:46 WIB
  • Terkencang, Honda Civic Type R Bukan untuk Balapan

  • Oleh
    • Toto Pribadi,
    • Jeffry Yanto Sudibyo
Terkencang, Honda Civic Type R Bukan untuk Balapan
Photo :
  • autocar
New Civic Type R

VIVA – PT Honda Prospect Motor pertama kali meluncurkan Honda Civic Type R pada Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS 2017. PT HPM membawa Honda Civic versi 'garang' ini hanya 50 unit untuk pasar Indonesia dari Inggris.

Meski harga sedan sport itu Rp995 juta on the road Jabodetabek, namun 48 unit sudah ludes terjual di bulan pertama. Maka, beberapa orang yang sudah memiliki unit sedan sport itu membuat komunitas R Club yang digagas oleh Luckas Tjandra pada 5 November 2017 lalu.

"National gathering R Club di Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) ini pertama kali. Acara ini dibuat untuk mempererat hubungan antar anggota saja. Nah, delapan unit member yang hadir tadi mencoba sensasi mengemudi di dalam sirkuit," ujar Luckas di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu 26 November 2017.

Sementara, Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director PT HPM, mengatakan, dengan terlibatnya R Club di ajang ISSOM merupakan wujud dukungan Honda terhadap komunitas. Kata dia, ini menandakan bahwa mereka sebagai salah satu konsumen yang loyal terhadap produk Honda

"Uji coba di di sirkuit ini jiga membuktikan ketangguhan Honda Civix Type R di lintasan balap, sekaligus memberikan unique experience bagi pemiliknya. Kedepannya kami akan terus mendukung keberadaan komunitas melalui berbagai kegiatan yang bermanfaat," katanya.

Apakah HPM berencana menggaet Type R untuk masuk tim balap seperti Jazz dan Brio? "Karena, mobil ini enggak banyak juga (enggak tertarik masuk tim balap Honda). Kita sih belum kepikiran, untuk one make race tapi kalau untuk pesertanya mau turun sendiri yah silahkan. Mobil ini juga enggak usah di balapan ibaratnya collectible lah," ujarnya.

Sebagai informasi, sedan sport berlogo H ini masih menjadi mobil tercepat yang diproduksi massal. Rekor tercepat itu diraihnya di Sirkuit Nurburgring, Jerman, setelah mencatat lap time tujuh menit 43,80 detik. Waktu cepat di dapat berkat mesin 2.000cc VTEC turbo yang dapat menyemburkan tenaga 310 daya kuda dan torsi 400 newton meter.