Lima Perbedaan Xpander dan Rush Baru, Pilih Mana?

All New Toyota Rush
Sumber :
  • Dok: TAM

VIVA – Generasi terbaru Toyota Rush sudah meluncur dengan ubahan secara menyeluruh, mulai dari eksterior, interior hingga mesin.

Mobil Baru Calon Pembunuh Avanza Punya Mesin Lebih Bertenaga

Bagian paling menarik adalah desainnya yang kini lebih mirip mobil keluarga. Apalagi, ban seren sudah tidak digantung di pintu belakang.

Tak hanya itu, kabin Rush terbaru juga dirancang untuk menampung tujuh penumpang, ciri khas mobil keluarga di Indonesia. Maka, tak heran jika akhirnya banyak yang membandingkannya dengan Mitsubishi, Xpander.

Harga Avanza Baru dan Xpander Sebelum Diskon PPnBM Berakhir

Namun dalam kenyataannya, kedua mobil ini hadir dengan konsep berbeda. Mitsubishi Xpander dirancang sebagai low multi purpose vehicle, sedangkan Toyota Rush tetap bertahan sebagai low sport utility vehicle.

Ada setidaknya lima perbedaan antara dua mobil yang sama-sama meluncur pertama kali di 2017 ini:

Mobil Baru Calon Pesaing Avanza Berkeliaran di Tol Cipularang

Segmentasi

Harus diakui, desain Rush-Terios baru lebih mirip MPV ketimbang SUV. Namun, Rush tetaplah SUV kelas terendah. Dalam tabel penjualan Gaikindo, jelas Xpander masuk ke segmen LMPV, dan Rush-Terios LSUV.

Penggerak Roda

Toyota Rush terbaru tetap mempertahankan penggerak roda belakang, yang menjadi salah satu ciri khas SUV. Sementara, Mitsubishi Xpander mengandalkan penggerak roda depan, seperti juga Nissan Grand Livina, Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio.

Dimensi bodi

Toyota Rush terbaru memiliki panjang 4.435 milimeter, lebar 1.685 mm dan tinggi 1.705 mm. Sementara, Mitsubishi Xpander panjangnya 4.475 mm, lebar 1.750 mm serta tinggi 1.700 mm.

Dari angka tersebut, bisa dibayangkan jika Xpander punya kabin sedikit lebih lega, khas mobil MPV. Jarak ke tanah Rush 220 mm, sedangkan Xpander hanya 205 mm.

Fitur

Kedua mobil mengusung beberapa fitur terbaru, seperti sistem audio yang terkoneksi melalui Bluetooth, penjaga kestabilan mobil, pencegah rem terkunci, dan keyless entry.

Meski demikian, Xpander hanya dibekali dengan dua kantung udara. Rush jauh lebih unggul, karena ada enam kantung udara yang menjaga penumpang dari luka parah akibat tabrakan.

Harga dan varian

Mitsubishi Xpander masuk ke dalam segmen LMPV dengan harga di kisaran Rp180-240 jutaan. Mobil ini juga ditawarkan dalam banyak varian, yakni Ultimater AT, Sport AT, Exceed AT, Exceed MT, GLS MT, dan GLX MT.

Sedangkan untuk Rush, meski belum ada harga resminya, bakal dijual di kisaran Rp230-270 jutaan. Variannya hanya ada dua, G dan TRD.

Saksikan juga video ngedrift bareng Alinka Hardianti

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya