Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 29 November 2017 | 09:22 WIB
  • Sokon Tak Jadi Luncurkan MPV, Gara-gara Wuling?

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono,
    • Jeffry Yanto Sudibyo
Sokon Tak Jadi Luncurkan MPV, Gara-gara Wuling?
Photo :
  • VIVA/Jeffry Yanto
Pabrik DFSK di Indonesia.

VIVA – Secara global, tren mobil Sport Utility Vehicle sedang meningkat. Namun di Indonesia, mobil keluarga berkapasitas tujuh penumpang lebih diminati.

Hal itu yang mendasari Wuling Motors untuk menghadirkan Confero S di Tanah Air. Meski persaingannya sangat ketat, namun mereka yakin produk yang ditawarkan cukup banyak peminatnya.

Selain Wuling, ternyata PT Sokoindo Automobile juga punya mobil multi purpose vehicle atau MPV. Hal ini diketahui dari data yang ada di Kementerian Dalam Negeri.

Anehnya, produk pertama yang jadi andalan Sokon di Indonesia justru SUV, yakni DFSK Glory 580. Mobil ini diproduksi di pabrik baru mereka yang berlokasi di Cikande, Serang, Banten. Lantas, mengapa bukan MPV yang diluncurkan pertama kali?

"Dari awal sudah produksi MPV di sini. Tapi kelihatannya, dari hitung-hitungan pasarnya kami tahan dulu. Kami juga ada mesin pikap, tapi ditahan dulu juga, karena melihat pasar," ujar Chief Executive Officer PT Sokonindo Automobile, Alexander Barus, di Serang, Banten.

Menurutnya, Sokonindo harus hati-hati dalam menyajikan produk pertama yang akan bermain di kelas mobil keluarga.

"Kan kami pemain baru, makanya harus sangat hati-hati terhadap produksi pasar. Harus kami hitung, jangan sampai konsumen kecewa. Untuk sementara, SUV dulu. Kami terus mempelajari perkembangan pasar,” tuturnya.

Direktur Pemasaran Sokonindo Automobile, Franz Wang, mengatakan, baik Sokonindo maupun Wuling sama-sama terkenal di China. Terkait kehadiran dua merek ini di Tanah Air, Franz memastikan bahwa tidak ada perjanjian apa-apa antara Wuling dan Sokonindo. (ren)