Perbaikan Airbag Tak Jamin Bisa Berfungsi Normal Lagi

Kantung udara (airbag).
Sumber :
  • Amazine

VIVA – Kantung udara atau airbag pada mobil bekas tabrakan memang bisa diperbaiki. Hal ini cukup membantu pemilik saat mobil hendak kembali dipakai beraktivitas atau bahkan ingin dijual kembali.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Meski bisa diperbaiki dan kondisinya menjadi seperti baru, Dionrangga pemilik bengkel mobil Dionrangga Spec. Rare Item di Mega Glodok Kemayoran Jakarta tidak ada jaminan akan berfungsi dengan normal seperti sediakala.

"Ditanya bisa diperbaiki ya jelas bisa. Cuma kalau ditanya nanti pas tabrakan fungsi lagi atau enggak, ya kami bingung juga jawabnya. Airbag baru bisa diketahui fungsi lagi ya saat ada benturan keras dalam kecepatan tinggi,"kata dia kepada VIVA.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Meski tak ada jaminan secara pasti airbag bakalan berfungsi dengan normal, kata Dionrangga, namun prosesnya reparasi dilakukan secara detail, mulai dari penggantian komponen hingga penyetingan ulang sistem kerjanya melalui komputer.

Dengan penyetingan tersebut, kata dia, semua kerja komponen airbag bisa diketahui fungsinya. Jika ada salah satu komponen saja yang tidak bekerja atau tidak aktif, maka harus dilakukan pengecekan kembali, bahkan hingga dibongkar seperti sebelumnya.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

"Cuma bisa tahu aktif atau enggak pakai komputer. Jadi sudah beres kami perbaiki dan pasang komponen, dicek dulu, kalau ada error harus dibongkar lagi. Sistem pada komputer kan ada petunjuknya,"  ujarnya.

"Jadi memang enggak bisa jamin berfungsinya, kecuali mobil tabrakan lagi. Hanya bisa pantau dari sisi komputer bahwa sudah oke semua, nah baru mobil kami kembalikan. Memang yang rumit itu pas setingnya, kalau penggantian enggak jauh beda sama komponen lain," kata dia.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022