Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 30 November 2017 | 11:07 WIB
  • Perbaikan Airbag Tak Jamin Bisa Berfungsi Normal Lagi

  • Oleh
    • Hadi Suprapto,
    • Pius Yosep Mali
Perbaikan Airbag Tak Jamin Bisa Berfungsi Normal Lagi
Photo :
  • Amazine
Kantung udara (airbag).

VIVA – Kantung udara atau airbag pada mobil bekas tabrakan memang bisa diperbaiki. Hal ini cukup membantu pemilik saat mobil hendak kembali dipakai beraktivitas atau bahkan ingin dijual kembali.

Meski bisa diperbaiki dan kondisinya menjadi seperti baru, Dionrangga pemilik bengkel mobil Dionrangga Spec. Rare Item di Mega Glodok Kemayoran Jakarta tidak ada jaminan akan berfungsi dengan normal seperti sediakala.

"Ditanya bisa diperbaiki ya jelas bisa. Cuma kalau ditanya nanti pas tabrakan fungsi lagi atau enggak, ya kami bingung juga jawabnya. Airbag baru bisa diketahui fungsi lagi ya saat ada benturan keras dalam kecepatan tinggi,"kata dia kepada VIVA.

Meski tak ada jaminan secara pasti airbag bakalan berfungsi dengan normal, kata Dionrangga, namun prosesnya reparasi dilakukan secara detail, mulai dari penggantian komponen hingga penyetingan ulang sistem kerjanya melalui komputer.

Dengan penyetingan tersebut, kata dia, semua kerja komponen airbag bisa diketahui fungsinya. Jika ada salah satu komponen saja yang tidak bekerja atau tidak aktif, maka harus dilakukan pengecekan kembali, bahkan hingga dibongkar seperti sebelumnya.

"Cuma bisa tahu aktif atau enggak pakai komputer. Jadi sudah beres kami perbaiki dan pasang komponen, dicek dulu, kalau ada error harus dibongkar lagi. Sistem pada komputer kan ada petunjuknya,"  ujarnya.

"Jadi memang enggak bisa jamin berfungsinya, kecuali mobil tabrakan lagi. Hanya bisa pantau dari sisi komputer bahwa sudah oke semua, nah baru mobil kami kembalikan. Memang yang rumit itu pas setingnya, kalau penggantian enggak jauh beda sama komponen lain," kata dia.