Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 4 Desember 2017 | 10:04 WIB
  • Banyak Salah Kaprah Soal Diskon Akhir Tahun, Faktanya Begini

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono,
    • Pius Yosep Mali
Banyak Salah Kaprah Soal Diskon Akhir Tahun, Faktanya Begini
Photo :
  • VIVA.co.id/Dian Tami
Booth Honda di GIIAS 2016.

VIVA – Beberapa orang memanfaatkan waktu akhir tahun untuk membeli kendaraan baru. Hal ini dilakukan karena banyak diler yang ingin menghabiskan stok dengan cara memberi potongan harga cukup besar.

Seorang tenaga penjual dari diler resmi Honda, Sapta mengatakan, yang paling banyak ditanya masyarakat saat akhir tahun adalah potongan harga atau diskon.

"Orang pasti nanya diskon kalau akhir tahun. Memang ada, cuma besarnya berbeda tiap model," kata dia saat berbincang dengan VIVA.

Meski ada diskon, namun Sapta mengatakan, biasanya stok yang tersedia sudah tidak lengkap, baik varian maupun warna.

"Cuma ya itu, beli mobil akhir tahun enggak bebas pilih warna dan varian seperti awal atau pertengahan tahun. Makanya saat konsumen ada rencana, kami biasanya langsung pastikan mau varian dan warna apa. Jangan sampai nanti pas sudah kasih tanda jadi, unit pilihan enggak ada. Yang repot kami juga," kata dia.

Sementara itu, sales dari diler resmi Toyota di Bekasi, Jawa Barat, Maria mengatakan, pembelian mobil di akhir tahun baiknya dilakukan pada November, atau paling telat awal Desember.

"Momen paling pas sebetulnya November atau awal Desember. Kalau di pertengahan Desember atau bahkan akhir tahun, pembeli dapat unit produksi tahun berikutnya (2018). Mobil dengan vehicle identification number (VIN) baru biasanya tidak diberikan promo atau diskon. Ini banyak orang salah kaprah," tutur Maria.

Risiko membeli mobil di akhir tahun, kata dia, memang tidak bisa bebas memilih warna dan varian. Meski demikian, jika stok unit masih ada, maka akan diusahakan untuk memenuhi keinginan konsumen.

"Kalau misalnya di diler kami enggak ada, tapi di diler lain yang masih satu wilayah Jabodetabek ada, bisa ditarik untuk pembeli kami," ujarnya. (hd)