Kenapa Anda Tidak Boleh Terobos Banjir Sama Sekali

Dua pengendara mobil menerobos banjir di Klaten akhir November 2017.
Sumber :
  • ANTARA Foto/Aloysius Jarot Nugroho

VIVA – Banjir menjadi momok menakutkan bagi pemilik mobil. Sebab komponen kendaraan pasti akan mengalami kerusakan bila pengemudi menerobos genangan banjir. Tindakan seperti itu tak hanya merusak kendaraan kesayangan, akan tetapi juga bisa menggugurkan klaim asuransi.

Klaim Asuransi Kendaraan Saat Ini Tidak Lagi Ribet

"Mobil jangan terobos banjir, tidak aman. Selain itu juga tidak tercover asuransi," kata Head of Communication and Event PT Asuransi Astra, Laurentius Iwan Pranoto kepada VIVA di Jakarta, Senin 4 Desember 2017.

Sehingga kata dia, agar mobil bisa ditanggung asuransi, pengemudi disarankan untuk menghubungi perusahaan asuransi. Saat kendaraan terendam, ia menyarankan agar pengemudi mematikan mesin.

Viral Video Banjir Parah Menerjang Seoul Korsel yang Memadamkan Listrik di 4.000 Rumah

"Kalau mobil kerendam banjir, jangan dihidupkan mesinnya. Telepon saja asuransi, biar diangkut dan dicek kondisinya. Kalau terobos malah enggak bisa diklaim," tuturnya menambahkan.

Namun sekali lagi, kerugian akibat banjir bisa ditanggung pihak asuransi apabila pemilik memperluas jaminan terhadap kendaraannya. Hal itu tercantum dalam polis standar asuransi kendaraan bermotor yang tercantum di laman Asosiasi Asuransi Umum Indonesia atau AAUI.

KBRI Pastikan Tak Ada WNI jadi Korban Bencana di Korea Selatan

"Kalau enggak ada perluasan jaminan ya enggak dicover, Pastikan dulu ada coverage banjir, makanya polisi asuransi harus dibaca dulu," kata dia.

Banjir melanda Kabupaten Aceh Singkil

Bencana Banjir di Aceh Singkil, Ribuan Rumah di 16 Desa Terendam

Banjir yang melanda Kabupaten Aceh Singkil semakin memburuk, menyebabkan ribuan rumah warga di Kecamatan Singkil dan Singkil Utara terendam.

img_title
VIVA.co.id
25 Desember 2023