Ratusan Ribu Mobil Wuling Kena Recall, Bagaimana di RI?

Wuling Confero S.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Yosep Mali

VIVA – Beberapa waktu lalu, diinformasikan ada program penarikan kembali untuk perbaikan, atau recall untuk mobil asal China, produksi Shanghai General Motors Wuling (SGMW). Tak tanggung-tanggung, jumlah mobil yang kena recall mencapai 940 ribu unit.

Ini yang Bikin Wuling BinguoEV Jadi Sorotan di Indonesia

Hal ini dilakukan, lantaran ditemukan adanya masalah pada selang bahan bakar. Hasil penyelidikan Badan Administrasi Umum Pengawasan Mutu, Inspeksi, dan Karantina di China, menyimpulkan bahwa selang bahan bakar rentan retak dan bocor, karena penggunaan jangka panjang.

Mendengar informasi tersebut, PT SGMW Motors Indonesia selaku agen resmi mobil Wuling di Tanah Air menyatakan, mobil Wuling yang diproduksi di Indonesia tidak terkena dampak recall seperti di negara asalnya.

Terpopuler: Bengkel Hino Terima Uji KIR, Canter Bus Jadi Andalan Mitsubishi Fuso

"Tidak ada hubungannya sama sekali dengan Indonesia, jadi karena barangnya di recall di China itu barang yang diproduksi tahun 2015," kata Vice President of VSSM Wuling Motors, Cindy Cai di Jakarta, Rabu malam, 6 Desember 2017.

Produk mobil Wuling yang dijual di Indonesia, kata Cindy, merupakan barang baru dan berbeda dengan yang ada di China. Sehingga, kasus recall hingga ratusan ribu unit mobil di China tersebut, tidak terjadi di Indonesia.

Hadir Perdana di GIICOMVEC 2024, Wuling Pamer Modifikasi Mobil Niaga

Lagi pula, kata dia, recall atau penarikan untuk diperbaiki komponen yang bermasalah merupakan bentuk pertanggungjawaban produsen mobil kepada konsumen yang sudah memilih dan percaya akan produknya.

"Tidak berhubungan sama sekali, produknya berbeda. Recall tuh kan suatu bentuk tanggung jawab perusahaan mengenai produk itu sendiri. Mobil yang di recall dijual di China, serta di produksi di sana, enggak ada hubungannya dengan yang di Indonesia," kata Cindy.

Subaru BRZ di GIIAS 2023

Terpopuler: 10 Mobil Listrik Terlaris, Kendaraan Ini Bikin Indonesia Jadi Sorotan

Berita yang membahas mengenai 10 mobil listrik terlaris dan kendaraan ini bikin Indonesia jadi sorotan, banyak sekali dibaca hingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024