Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 8 Desember 2017 | 15:59 WIB
  • Konsumen Xpander Kembali Mengeluh

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono,
    • Jeffry Yanto Sudibyo
Konsumen Xpander Kembali Mengeluh
Photo :
  • Agam
Mitsubishi Xpander.

VIVA – Mitsubishi Xpander menjadi mobil keluarga paling fenomenal tahun ini. Menurut informasi dari Mitsubishi, jumlah pemesanannya hingga saat ini sudah lebih dari 20 ribu unit.

Sayangnya, mobil ini sempat dikeluhkan oleh beberapa penggunanya. Setelah kasus cat yang berbeda warnanya antara bodi dan bumper, kini Xpander kembali mendapat sorotan gara-gara masalah mesin.

Salah satu pemilik Xpander, William Harjianto, mengaku sangat terkejut putaran mesin saat idle (pedal gas tidak diinjak) yang naik turun.

“Tidak tahu kapan waktunya akan naik. Tapi, lonjakannya cukup buat kaget. Saya pernah waktu jalan macet, posisi transmisi masih di D, saat itu sekitar 600 rpm (rotasi per menit). Terus tiba-tba naik ke 1.250 rpm,” ujarnya kepada VIVA.

Keluhan lainnya juga datang dari salah satu pengguna Xpander tipe Ultimate AT yang tidak mau disebutkan namanya. Ia mengaku sudah tahu soal masalah idle mesin itu sejak pertama kali beli mobil. Namun, menurutnya itu hal yang biasa, karena dalam beberapa detik langsung hilang.

“Pindah gigi dari N ke D, atau dari N ke R, idle tiba-tiba putarannya naik. Kalau enggak saya rem, dia ngelonjak kenceng, dan sering banget itu terjadi. Naiknya dari 1.200 rpm ke 1.400 rpm sedikit, dan sekitar satu atau dua detik langsung hilang,” tuturnya.

Menanggapi kasus tersebut, Director of Sales and Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Irwan Kuncoro mengatakan, kasus itu sedang ditangani tim Mitsubishi Jepang.

"Tim kita sudah menanggapi permasalahan itu dan masih dipelajari. Sementara, saya hanya bisa komentar itu," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Jumat 8 Desember 2017.