Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 22 September 2017 | 12:05 WIB
  • Keren, Custom Motor Tunggangan Polisi Amerika Serikat

  • Oleh
    • Toto Pribadi,
    • Jeffry Yanto Sudibyo
Keren, Custom Motor Tunggangan Polisi Amerika Serikat
Photo :
  • Custom Concept Industri
Kawasaki Police

VIVA.co.id – Memiliki motor Kawasaki Police tentu menjadi sebuah kebanggaan. Hal itu yang juga dirasakan Bartolomeaus Yushendra Purnawan, yang memiliki motor Kawasaki Police 1.000cc lansiran 1980-an.

Perlu diketahui, Kepolisian Amerika Serikat sendiri menggunakannya sebagai motor operasional mereka. Untuk menambah kesan garang, Bartolomeaus memberi beberapa sentuhan pada tunggangannya itu.

Maka, pria yang baru saja mengakhiri masa lajangnya ini mempercayakan Custom Concept Industri sebagai bengkel untuk merombak motor Polisi asal negeri Paman Sam ini menjadi model scrambler. Proses pembuatannya memakan waktu empat bulan.

Untuk cat, pria asal Rembang, Jawa Tengah ini lebih memilih warna hitam dan gold karena terlihat elegan dan tetap brutal. Sebab, warna sebelumnya, perpaduan hitam dan hijau pekat banyak orang yang mempertanyakan basik motor ini apa. Dan itu menjadi alasan utama ia mengganti warna.

"Setelah berapa waktu pemakaian agak capek juga ngejawab pertanyaan ini motor apa yah? W800 atau Vulcan. Akhirnya, saya putuskan buat cat ulang motor ini dengan logo sesuai aslinya, Kawasaki Police di cover aki, tangki ada logo California Hihgway Patrol," ujar Bartolomeaus kepada VIVA.co.id.

Nah, untuk prosesnya sendiri sang builder Ariawan mengaku tak menemukan banyak kesulitan. Hal itu karena ubahan yang dilakukan tidak total hand made alias custom. Kata dia, hanya sasis dan beberapa bagian bodi saja, yang paling sulit sparepartnya.

"Karena motor tahun 1980-an tetap banyak ubahan, tapi pada engine full rebuild. Paking semua ganti, noken as, seher dan part kita ganti. Jadi kita mempercantik dari mesin saja, fonder couting ulang jadi mulus lagi sekitar 60 persen part ganti,” lanjut Bartolomeaus.

Dia mengaku kesulitan yang dihadapi hanya sparepart yang jarang dan beberapa harus impor dari Amerika. Sementara untuk teknis pengerjaan karena basisnya ada fairing depan dan itu dibuang, jadi keseluruhan masih tetap dibiarkan original.

"Rangka belang kita bikin kaya japstyle, cover box aki kanan kiri dan oli masih original. Karena pemilik juga tidak mau meninggalkan karakter originalnya," kata Bartolomeaus.

Data modifikasi

Velg depan/belakang: Original Kawasaki Police 18 inci
Ban depan: Shinko big block 120/90
Ban belakang: Shinko big block 150/70
Shockbreaker depan: Original Kawasaki Police
Shockbreaker belakang: Ohlins Triumph Truxton
Tanki: Original Kawasaki Police
Cover aki: Original Kawasaki Police
Jok: Original leather custom
Head lamp: Daymaker 7 inch custom
Hand grip: Biltwell
Stop lamp: Custom model Norton
Spakbor depan/belakang: Custom plat galvanis

(ren)