Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 6 Oktober 2017 | 12:07 WIB
  • Modifikasi Honda GL: Cafe Racer Rasa Bugis

  • Oleh
    • Hadi Suprapto,
    • Jeffry Yanto Sudibyo
Modifikasi Honda GL: Cafe Racer Rasa Bugis
Photo :
  • VIVA.co.id/Jeffry Sudibyo
Modifikasi Honda GL 200 lansiran 1997 yang mengusung gaya cafe racer berpadu bobber.

VIVA.co.id – Setiap daerah memiliki kekayaan budaya yang membuatnya memiliki ciri khas. Nah, para builder motor custom pun melakukan hal itu, dengan mengubah motor racikannya sehingga menjadi karakter daerah asalnya.

Hal itu dilakoni Fachry Haerul dari bengkel Salabose Custom Garage, dengan motor kesayangannya Honda GL 200 lansiran 1997 yang mengusung gaya cafe racer berpadu bobber. Sebagai seorang builder asal Makassar, ia juga menuangkan ciri khas daerahnya.

Jika melihat warna merah marun dan air brush di spakbor, tameng depan dan tangki yang bertuliskan “gassing” ini mencerminkan sosok keberanian orang Suku Bugis. Kata Fahry, gassing dalam bahasa Makassar artinya kuat dan cepat.

"Soal warna merah saya pilih karena warna ini kesukaan istri dan merah itu melambangkan keberanian khas Makassar. Saya memilih gaya air brush ini dengan menyesuaikan aliran customnya," ujarnya kepada VIVA.co.id, Jumat 6 Oktober 2017.

Menurutnya, arti kuat itu dalam segala hal dan cepat dalam segala hal entah itu bekerja dan lain-lain. Sementara untuk desain cover lampu depan atau tameng, katanya terinspirasi gaya tracker, berbeda dengan posisi mono shock di antara jok dan spakbor belakang ini seperti bobber.

"Benar karena saya mengkolaborasi dengan gaya bobber yang memiliki khas ban lebar dan desain jok yang menempel dengan spakbor belakang. Tangki terinspirasi dari model tangki Thunder yang desain old modern, hornet spakbor belakang kolaborasi dasar bobber dan cafe racer," tuturnya.

Sebagai catatan, kawin silang cafe racer bermesin Honda ini sudah beberapa kali meraih gelar juara kontes di antaranya Suryanation Motorland kelas cafe racer di bawah 250 cc dan juara Honda Modif Contest kelas FFA.

 

Modifikasi Honda GL 200 yang mengusung gaya cafe racer perpaduan bobber.

Modifikasi Honda GL 200 yang mengusung gaya cafe racer perpaduan bobber.

Data modifikasi

Sasis: custom
Bodi: custom
Ban Depan: FDR 130/80
Ban belakang: Battlax 180/17
Velg depan: Alumunium 18x2,5
Velg belakang: Alumunium 17x6,0

Shock breaker depan: Aftermarket custom
Shock breaker belakang: Ride-it
Kaliper depan: Brembo
Kaliper belakang: Nissin
Tromol depan/belakang: Aftermarket 
Master kopling: Brembo 
Lampu depan/belakang: LED aftermarket