Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 20 Oktober 2017 | 13:57 WIB
  • Ubah Setir Mobil Beraksen Kayu, Yuk Intip Harganya

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Yunisa Herawati
Ubah Setir Mobil Beraksen Kayu, Yuk Intip Harganya
Photo :
  • VIVA.co.id/Yunisa Herawati
Setir dengan aksen kayu.

VIVA – Unsur kayu pada interior mobil memang bisa membuat tampilan kabin menjadi lebih mewah. Biasanya kayu digunakan sebagai aksen pemanis pada panel pintu dan dasbor. Beberapa produsen mobil ada juga yang membuat variasi setir dan kepala tuas transmisi menggunakan kayu.

Bagi pemilik mobil lawas, menambah panel kayu pada setir bisa menjadi solusi untuk menambah tampilan interior kendaraan. Hal ini diungkapkan pemilik toko modifikasi setir Sentral Jaya, di MGK Kemayoran, Jakarta Pusat, Rahmat.

"Kadang-kadang orang mau ganti setir standar jadi dikayuin. Jadi kami modelannya kustom, konsumen pesan kita buatin," kata Rahmat saat ditemui.

Kata dia, biasanya modifikasi setir panel kayu banyak diburu para pehobi kalangan atas. Maka tak heran dia mengaku bisnis ini cukup menggiurkan bagi dirinya untuk berwirausaha. "Sekarang kan mobil rata-rata (interior) sudah menggunakan kayu. Jadi yang belum kayu seperti mobil klasik bisa kustom. Konsumennya pehobi dan punya uang, kalau dia punya uang tapi enggak hobi sih kan enggak mau pasang," ujarnya.

Untuk harga, kata dia, setir panel kayu dibanderol mulai Rp1,5 juta. Harga ini menurut dia, tergantung jenis kayu dan model setir yang akan digunakan. Dengan waktu pengerjaan kurang lebih satu minggu.

"Kami jual tukar tambah, jadi setir dia kami ambil diganti sama yang sudah jadi. Bisa dikustom nanti kami kasih setir cadangan. Prosesnya bongkar setir, terus dipasangkan ke rangka besi di dalam setirnya. Kami buat manual, jadi waktu pengerjaannya lama," kata dia.