Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 8 November 2017 | 05:18 WIB
  • Inikah Modifikasi Xpander Pertama di Dunia?

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono,
    • Jeffry Yanto Sudibyo
Inikah Modifikasi Xpander Pertama di Dunia?
Photo :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto
Modifikasi Mitsubishi Xpander 2017.

VIVA – Mitsubishi Xpander mulai dijual oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sejak Agustus 2017.

Pendatang baru di kelas Multi Purpose Vehicle (MPV) ini ditawarkan dalam enam varian, dan tipe tertinggi adalah Ultimate dengan transmisi otomatis.

Dari desain eksterior, Xpander punya bentuk yang khas. Mitsubishi menamakannya Dynamic Shield. Desain ini sebelumnya hadir di Pajero Sport terbaru.

Tidak heran apabila penampilan MPV tujuh penumpang ini terlihat gagah, ditambah dengan pelek 16 inci yang membuat jarak ke tanah menjadi 205 milimeter. Lebih tinggi dari kompetitornya.

Selain fitur yang lebih lengkap, kaca spion Xpander kasta tertinggi ini sudah dibalut aksen krom. Otomatis tampilannya lebih elegan ketimbang varian Sport.

Namun bagi salah satu pemiliknya, William, hal itu tidak lantas membuat dirinya puas. Ketika Xpander Ultimate yang dipesan tiba, pengusaha salon mobil itu langsung mengganti pelek bawaan pabrik dengan replika Konig berukuran 18 inci berkelir abu-abu.

Modifikasi Mitsubishi Xpander 2017.

Modifikasi Mitsubishi Xpander 2017 (Foto: VIVA/Jeffry Yanto)

Nah, karena naik dua inci dari ukuran standar, tentu jarak ke tanahnya jadi sedikit lebih tinggi, meski ban yang digunakan berprofil rendah.

"Ukuran 18 inci dengan lebar 8 inci merek Konig replika. Pakai ban Falken 225/50 depan belakang. Peleknya Rp6,5 juta, total sama ban Rp10 juta," ujar penggawa SM Motorsport sebagai toko tempat William ganti pelek, Yopie Karuci kepada VIVA.

Jika Xpander dipaksa menggunakan pelek yang lebarnya lebih dari 8 inci, maka pelek di roda depan akan terlihat menonjol ke luar. Hal itu tentu kurang indah untuk dipandang.

Ia tidak tahu apakah mobil milik William menjadi Xpander pertama di dunia yang dimodifikasi. Yang pasti, baru Xpander itu yang ganti pelek di tokonya. "Mobilnya masih sedikit. Baru ini aja yang ganti pelek di saya," tuturnya. (hd)