Bikin Tiger dan Scorpio Lebih Ganteng, Baca Ini

Modifikasi Yamaha Scorpio.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA – Untuk menjadikan motor custom bergaya klasik seperti cafe racer dan scrambler umumnya para builder mengubah bentuk sasis, kaki-kaki, setang, bodi dan tangki. Nah, seberapa besar ubahan atau komponen yang dicustom sesuai dengan konsep dan basis motornya.

Motor Kustom Terbaik di Kustomfest 2023 Korbankan Tas Mewah Louis Vuitton

Misalnya, untuk motor naked bike seperti Honda Tiger atau Yamaha Scorpio. Kedua jenis motor tersebut jika ingin bergaya cafe racer atau scrambler hanya sedikit mengubah sasis bawaan pabrik, sementara komponen yang dicustom hanya tangki, bodi dan setang.

Nah, karena proses custom tangki dan bodi ini cukup membutuhkan waktu lama. Bengkel Imagineering Customs menyediakan cara instannya, dimana tangki dan bodi dengan desain khasnya yakni One Piece dijual massal dengan harga kompetitif.

Kebangkitan Budaya Kustom Otomotif Usai Pandemi Hadir di Garage Life

Tedja, Imagineering Customs mengatakan, maksud One Piece itu tangki sampai bodi belakang menyatu tidak ada bekas las-lasan atau dempul yang terpisah. Kata dia, desain seperti ini cocok untuk motor kecil seperti Scorpio, menurutnya jika tangki dan bodi terpisah kurang bagus.  

"Saya pakai bahan FRP (bahan komposit fiber) itu enam lapis kekuatannya itu dibanting atau di injak-injak enggak pecah. Awalnya saya pakai cuma dua dan tiga lapis, ternyata pas saya baca-baca lebih bagus enam layer dan di Amerika seperti itu jadi enggak mudah pecah," ujarnya kepada VIVA.

Ini Modifikasi Motor yang Bisa Bikin Pemiliknya Rugi

Lanjut dia, untuk tangki sendiri terbuat dari bahan plat yang dikombinasikan dengan komposit fiber untuk cover atau kondomnya. Kata dia, untuk pemasangan simpel, karena sudah disesuaikan dengan sasis Scorpio standar pabrik, jadi hanya sasis bagian belakang saja yang dipotong.

Nah, harga body kit untuk satu set gaya cafe racer dan atau scrambler ini Rp6,5 juta, itu belum termasuk pengecatan dan pemasangan. (hd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya