India Ciptakan Sepeda Motor Bermesin Diesel

Altius Scimitar
Sumber :
  • Motorbeam

VIVAnews - Semakin tinggi harga bahan bakar minyak (bensin), membuat produsen motor terus melakukan inovasi dengan membuat sepeda motor bermesin diesel. Salah satunya adalah pabrikan asal India, Altius Motors.

Dilansir Motorbeam, Selasa 24 Januari 2012, sepeda motor bergaya adventure dengan mesin diesel ini, dibuat oleh perusahaan yang didirikan oleh mantan eksekutif Hyundai dan Tata Motors, BVR Subbu.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Motor yang diberi nama Altius Scimitar dibekali mesin diesel silinder tunggal indirect injection berkapasitas 670cc. Mesin ini diklaim mampu menyemburkan tenaga tenaga hingga 33 tenaga kuda dengan torsi maksimum 53 Nm.

Hebatnya, Altius Scimitar didesain untuk dua trak, yakni lintasan aspal dan off-road. Seperti diketahui, mesin diesel dikenal memiliki keunggulan pada torsi rendah sehingga sangat cocok untuk lintasan off-road.

Namun, perusahaan yang berbasis di kota Chennai, India, masih melakukan pengembangan dan penyempurnaan. Pasalnya, teknologi mesin diesel dikenal memiliki getaran lebih besar dan lebih berat. Hingga kini, pihaknya belum bisa memastikan apakah motor ini kelak akan diproduksi massal. (umi)

Sidang Lanjutan sengketa perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK

Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu

Kubu 01 dan 03 meminta izin ke MK agar bisa menghadirkan sejumlah menteri dalam persidangan sengketa Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024