Suku Cadang Roda Dua Akan Diproduksi Secara Lokal?

Pabrik perakitan sepeda motor Honda.
Sumber :
  • PT Astra Honda Motor

VIVAnews - Staf Ahli Menteri Perindustrian Bidang Pemasaran dan Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri, Ferry Yahya, mendesak para pelaku industri sepeda motor di Indonesia untuk memanfaatkan sumber daya yang ada di dalam negeri.

Kenang Sosok Almarhum Sopyan Dado Semasa Hidup, Keluarga Ungkap Hal Ini

Bertempat di acara Indonesia International Motorcycle Show (IMoS) 2014, Ferry menegaskan bahwa  para produsen sepeda motor agar dapat meningkatan kemampuan research dan development dalam negeri supaya industri sepeda motor nasional mampu mengembangkan produk yang sesuai dengan karakter budaya maupun geografis Indonesia.

"Oleh karena itu saya mengimbau kepada para prinsipal untuk lebih memberikan perhatian kepada peningkatan kegiatan desain dan teknik yang ada di dalam negeri," kata Ferry, Rabu 29 Oktober 2014.

Bea Cukai Kalbagsel Musnahkan Barang Kena Cukai Ilegal Senilai 7 Miliar Rupiah

Lebih lanjut Ia menyatakan pengembangan di dalam negeri yang dibarengi dengan upaya meningkatkan bobot kemampuan sumber daya manusia akan bisa meningkatkan kegiatan industri perakitan sepeda motor di Indonesia.

"Kegiatan peningkatan tersebut antara lain desain engineering dan manufacturing komponen yang sebagian besar sudah dapat di lakukan di Indonesia," tutupnya.

Mantan Komandan IDF Sebut Netanyahu Bikin Israel Semakin Terpuruk

Indonesia Produsen Motor Terbesar Ketiga di Dunia

Sementara itu Ketua Umum AISI, Gunadi Sindhuwinta, mengatakan pertumbuhan roda dua hingga kuartal ketiga 2014 mengalami peningkatan 4,4 persen dibandingkan tahun lalu. Saat ini produksi kendaraan roda dua di dalam negeri telah mencapai 8 juta unit, dan angka ini masih terlihat bergerak naik secara konsisten.

Tingginya angka produksi ini menjadikan Indonesia sebagai pasar sepeda motor terbesar ketiga, setelah India yang mencapai 11 juta unit dan Tiongkok yang tembus 26 juta unit dalam satu tahun.

"Kita harapkan pada 2017 penjualannya bisa mencapai 10 juta unit pertahun," ucap Gunadi.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya