Kenapa Motor Sport Harus Rutin Dikuras Tangki Bensinnya

Motor Sport Honda / Ilustrasi.
Sumber :

VIVA.co.id – Meski menguras tangki bahan bakar tidak masuk dalam jadwal servis berkala di bengkel resmi, namun metode perawatan itu kerap dilakukan pemilik sepeda motor terutama model sport demi menjaga performa tunggangannya.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Kepala mekanik Astra Honda Authorized Service Station (Ahass) Stanley mengungkapkan, motor jenis sport disarankan untuk menguras tangki bahan bakar setiap dua bulan sekali. Posisi tangki pada motorsport yang terletak pada bagian luar berpotensi masuk air dan kotoran.

"Kalau sudah kena air saat hujan dia berpotensi karat. Dan karat itu terbawa pompa bensin dan menjadi penyumbat," kata Stanley kepada VIVA.co.id.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Dia mengatakan, pengurasan tangki bensin sebaiknya dilakukan di bengkel resmi motor. Alasannya dilakukan dengan mekanik yang terlatih. Nantinya yang pertama dilakukan adalah membongkar pelampung bensin.

"Nanti kita kuras sampai bersih, sampai kering. Lalu kita isi bensin yang tidak terkontaminasi air. Pastikan tangki benar-benar kering," ujarnya.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Dia menambahkan untuk biaya kuras tangki pada motorsport dipatok harga sekitar Rp50 ribu tergantung model. Motor matik katanya, bisa juga dikuras namun bila pemilik ingin melakukan perawatan biayanya yakni Rp35 ribu.

"Tapi kalau motor matik sih enggak masalah, karena letak tangki di bawah jok ya. Umumnya yang sering dikuras itu motorsport," katanya.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022