Harga R15 'Salip' CBR150R, Ini Alasan Yamaha

PELUNCURAN ALL NEW YAMAHA R15
Sumber :
  • ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya

VIVA.co.id – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) akhirnya secara resmi mengumumkan harga dari motor andalannya R15 terbaru. Yang mengejutkan, harga naik lebih dari Rp4 juta. Kenapa harganya melonjak tinggi?

Skutik Matik Kuasai Pasar Mokas, Begini Nasib Motor Sport 150cc

Motor yang sebenarnya telah diperkenalkan sejak akhir Januari lalu ini memang jadi salah satu tumpuan penjualan Yamaha. R15 adalah lawan kuat dari CBR150R andalan Honda. Tak heran jika dua motor ini selalu dibanding-bandingkan.

Dalam keterangan resmi Yamaha kemarin, telah diumumkan harga R15 adalah Rp34,5 juta. Hal ini tentu sedikit mengejutkan. R15 tercatat sebagai motor full fairing 150 dengan banderol tertinggi. Ironisnya, selama ini harga R15 selalu berada di bawah CBR150R.

Top Otomotif: Mobil Nasional Pesaing Toyota Innova, Cewek Naik Yamaha R15 Dicari Warganet

Sebagai catatan, harga Honda CBR150 saat ini berkisar di bawah Rp34 juta. Sedangkan sebelumnya, R15 dibanderol paling mahal Rp30,4 juta. Namun kini harga R15 menyalip CBR150R.

Pihak Yamaha memberikan penjelasan mengenai melonjaknya harga R15 versi paling gres ini. Adalah General Manager Aftersales Service & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), M Abidin, yang membeberkan alasan tersebut.

Pakai Yamaha R15, Cewek Ini Dicari Warganet

Menurut Abidin, R15 terbaru ini memang berbeda dengan edisi sebelumnya. Bahkan jika dibandingkan dengan para kompetitornya, R15 dinilainya punya banyak keunggulan.

Abidin menjelaskan, keunggulan pertama ada di body (chassis) rangka Delta Box yang lebih disempurnakan dan dipadu dengan suspensi Up Side Down, suspensi monoshock Link Type serta Rear Arm Alumunium dan ban tapak lebar di kelasnya. Hal ini membuat handling R1 terbaru lebih stabil.

“Secara tampilan, bodi motor R15 terbaru juga menjadi lebih tajam dan racy dengan kokpit mewah semewah R Series Super Sport R-DNA,” kata Abidin kepada VIVA.co.id.

Di sektor mesin juga terjadi perombakan revolusioner menggunakan mesin baru VVA (Variable Valve Actuation). Dan sebagai tambahan, juga disematkan teknologi Assists & Slipper Clutch yang biasanya hanya ditanamkan pada motor kelas superbike.

Dengan teknologi ini, biker akan lebih ringan dalam mengoperasikan kopling, mencegah terjadinya engine brake dan perpindahan gigi yang lebih halus. Dan yang tak kalah penting teknologi-teknologi ini juga membuat kendaraan lebih irit tentunya. (one)

Renault telah menghadirkan Koleos untuk bersaing dengan kompetitor seperti Honda CR-V, Mazda CX-5, dan Nissan X-Trail.

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya