Kredit Motor Musiman, Masih Marak Jelang Lebaran?

Peluncuran Vario FI Series
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVA.co.id – Musim mudik di depan mata. Seperti biasa, ritus akbar tahunan ini akan kembali dilakukan banyak masyarakat di Tanah Air untuk pulang ke kampung halaman. Momentum itu pula dimanfaatkan sebagian masyarakat untuk membeli kendaraan baru, seperti sepeda motor. Apalagi pada hari raya perputaran uang sangat tinggi.

Kejar Target Kredit Macet di Bawah 4 Persen, BTN Jual Aset Bermasalah

Menurut General Manager Business PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (Wom) Finance Unit Jakarta Tangerang Banten, Antonius Lijadi, sejak 1-9 Juni pihaknya mencatat sudah terjadi kenaikan penjualan sepeda motor sebesar 15 persen dari periode yang sama bulan lalu. Untuk model terlaris masih dipegang jenis skuter matik.

Ia memperkirakan hingga akhir bulan ini penjualan akan sama dengan Mei kemarin. "Untuk motor baru (pembiayaan di Wom Finance) 6.000 unit dan dana tunai (menjaminkan BPKB melalui produk multiguna) 3.500 unit," katanya, Jumat, 9 Juni 2017.

Antisipasi Industri Bikin Kredit Macet, Sri Mulyani: Akan Diintervensi

Khusus motor baru, tipe matik berkontribusi sebesar 75 persen alias mendominasi pembiayaan. Dari sana pula terlihat ada dua merek sepeda motor yang saling berlomba merebut pangsa pasar. "Beat dan Mio teratas. Disusul Vario dan Scoopy. Trennya tetap yang mendominasi segmen matik," papar Anton.

Terkait fenomena maraknya 'pembeli dadakan' yang hanya sekadar mengincar down payment (DP) rendah, kemudian terlibat kredit macet usai Lebaran, dia menjawabnya. Cara tersebut, kata dia, sudah jarang terjadi. Kendati demikian pihaknya tetap melakukan seleksi ketat kepada calon konsumen yang ingin melakukan kredit sepeda motor. "Tahun ini lebih baik. Ditambah lagi kredit macet juga membaik," ujar dia.

Ustaz Abdul Somad Bicara Kredit Mobil di Hadapan Pelawak
Bertransaksi online dengan bjb digi dari bank bjb.

Triwulan III 2021, bank bjb Berhasil Jaga Kredit Macet Tetap Rendah

bank bjb berhasil pertahankan kinerja cemerlang perusahaan pada Triwulan III 2021, catatan NPL atau kredit macet yang senantiasa terjaga di tingkat rendah.

img_title
VIVA.co.id
8 November 2021