Alasan Kuat Honda Tak Lagi Jual Moge Vultus di Indonesia

Model otomotif di atas motor Honda dalam ajang IMoS 2014.
Sumber :
  • VIVAnewss/Herdi Muhardi

VIVA.co.id – Baru berkiprah mencari peruntungan di Indonesia sejak 2015, PT Astra Honda Motor rupanya memilih memensiunkan dini salah satu motor gedenya yang berpenampilan ikonik, yakni NM4 Vultus. Artinya, kini status motor tersebut sudah tak lagi dijual di Indonesia.

Asyik, Beli Honda CB150X Dapat Promo Menarik

AHM memutuskan untuk tidak melanjutkan penjualannya mulai tahun ini, karena sepinya peminat NM4 Vultus yang diimpor utuh dari Jepang. Vultus merupakan salah satu dari enam model yang diluncurkan AHM pada 2015, sebagai pertanda dimulainya bisnis moge Honda di Indonesia.

Vultus bersama CBR1000RR SP diimpor dari Jepang, sedangkan CB500F, CB500X, CBR650F, dan CB650F diimpor dari negeri gajah putih Thailand. 

Honda Luncurkan Motor Matik Baru di Indonesia

"Vultus, ya kami telah membuat keputusan belum lagi menjual kembali. Karena belum bertambah peminatnya. Kalau peminatnya ada, tentu bisa saja kami buka (jual) kembali," kata Direktur Pemasaran AHM, Thomas Wijaya, di Jalan KH. Wahid Hasyim, Jakarta Pusat.

Sejak pertama kali diluncurkan di Indonesia, AHM mencatat penjualan NM4 Vultus hanya delapan hingga 10 unit. Merasa perlu mengambil keputusan cepat, Vultus akhirnya setop dijual.

Sensasi Seru Keliling Lombok Pakai Honda ADV150

Honda NM4 Vultus

"Motor itu CBU dari Jepang, mesinnya 750cc, dual klep kan, ya pokoknya kurang kelihatan pasarnya," kata Thomas lagi.

Saat meluncur, Vultus dijual dengan banderol Rp435 juta. Harga itu itu sudah menyesuaikan beban Pajak Penjualan atas Barang Mewah dengan tarif 75 persen untuk kategori motor di atas 500cc. Harga itu tentu terbilang melejit dari banderol aslinya di Jepang. Di negeri asalnya, NM4 Vultus dijual dengan harga tak sampai Rp200 juta.

Honda NM4 Vultus.

Bicara soal spesifikasi, NM4 Vultus merupakan moge skutik yang menggendong mesin SOHC, dua-silinder, 750cc. Mesin itu dapat memproduksi tenaga 54 daya kuda dengan torsi 68 newton meter. 

Salah satu fitur unik pada Vultus yaitu Dual Clutch Transmission (DCT). Transmisi otomatis enam-percepatan itu mirip aplikasi pada mobil. Artinya si pembesut bisa memilih mode D (Drive) dan S (Sport). Selain itu naik-turun gigi bisa dioperasikan secara manual. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya