Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 16 Juni 2017 | 10:54 WIB
  • Yamaha Luncurkan Rival Motor Pengawal Raja Salman

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono,
    • Dian Tami
Yamaha Luncurkan Rival Motor Pengawal Raja Salman
Photo :
  • Yamaha
Yamaha Star Venture.

VIVA.co.id – Jika berbicara mengenai motor kelas tourer, maka yang paling banyak disebut-sebut adalah motor gede andalan Honda, yakni Gold Wing.

Pertama kali hadir pada 2001 silam, motor berbodi bongsor itu hingga saat ini masih menjadi andalan penyuka perjalanan jarak jauh, atau yang biasa dikenal dengan istilah touring.

Bahkan, motor ini juga dijadikan sebagai kendaraan pengawal tamu penting. Salah satu contohnya adalah saat kedatangan Raja Salman ke Indonesia beberapa waktu lalu.

Sembilan Gold Wing berkelir putih yang dikendarai Polisi Militer Indonesia disiapkan untuk mengawal Raja ke berbagai tempat di Jakarta.

Melihat kesuksesan Honda, tentu Yamaha tidak mau tinggal diam. Sebagai rival di berbagai model motor, Yamaha juga memiliki motor tourer pesaing Gold Wing, yakni Star Venture.

Dilansir dari Paultan, Jumat 16 Juni 2017, baru-baru ini Yamaha meluncurkan edisi terbaru dari Star Venture. Dibekali mesin 1.800 cc, motor berbobot lebih dari 430 kilogram ini dibekali banyak fitur canggih.

Contohnya kendali gas dengan sistem ride by wire, bukaan tuas gas dikendalikan secara elektronik untuk mendukung sistem kestabilan motor. Sistem kestabilan ini akan mengatur traksi ban, agar pengendara tidak mudah jatuh karena selip.

Selain itu, sensor juga berfungsi untuk sistem cruise control seperti yang ada pada mobil-mobil zaman sekarang. Dengan fitur ini, pengendara tidak perlu memutar tuas gas terus menerus saat melintas di jalan lurus yang panjang.

Yamaha Star Venture.

Yamaha Star Venture (Foto: Yamaha)

Untuk memudahkan pengendara parkir, tersedia motor listrik yang dapat membuat motor maju atau mundur dengan kecepatan satu kilometer per jam.

Pengendara dan pembonceng dijamin bebas suntuk selama perjalanan, karena tersedia layar tujuh inci yang bisa dipakai untuk mengatur sistem hiburan, komunikasi dan memantau peta perjalanan.

Motor ini tersedia dalam dua varian, standar dan TC (Traction Control). Harga model standar yakni US$25 ribu atau sekitar Rp332 juta, sementara model TC US$27 ribu atau setara Rp359 juta.