Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 16 Juni 2017 | 15:32 WIB
  • Ide Modifikasi Motor Listrik Viar Q1 Ala Builder Kondang

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono,
    • Jeffry Yanto Sudibyo
Ide Modifikasi Motor Listrik Viar Q1 Ala Builder Kondang
Photo :
  • VIVA.co.id/Rendra Saputra
Skuter listrik Viar Q1

VIVA.co.id – Modifikasi motor jenis skuter matik berbahan bakar bensin sudah menjadi hal umum. Namun, hal itu belum pernah dilakukan pada skuter matik yang digerakkan oleh energi listrik seperti Viar Q1.

Melihat desain Q1 yang futuristis dengan lampu depan persegi LED dan bodi belakang yang terlihat gambot, beberapa builder ternama di Jakarta pun mempunyai ide yang berbeda-beda jika skutik listrik ini dimodifikasi.

Builder bengkel Lunatic Custom yang sudah terkenal sebagai pentolan modifikasi skutik di Jakarta, Yuwono Jati, mengatakan, tampilan Q1 secara keseluruhan sudah bagus. Kata dia, tema yang cocok untuk modifikasi motor itu adalah masa depan.

“Dibuat konsep skutik masa depan, gitu. Jadi, ground clearance dibuat lebih tinggi dan sepatbor belakang enggak usah dipasang, karena roda belakangnya sudah mundur ke belakang,” ujarnya kepada VIVA.co.id.

Karena Q1 dibekali pelek berdiameter 10 inci, Jati menyarankan diganti dengan ukuran yang sedikit lebih besar, yakni 12 inci desain monoblok (tidak ada palang alias tertutup).

“Kalau shockbreaker, karena aftermarket belum ada, pakai air suspension saja. Jadi, kalau parkir enggak usah lagi pakai standar satu atau dua, tinggal turunkan air suspension saja,” tuturnya.

Sementara itu, builder Custom Concept Industri, Ariawan, mengatakan, karena bentuknya sudah modern, jadi terlihat aneh kalau dibuat semakin futuristis. Kata dia, lebih baik ganti beberapa komponen saja, yang sederhana dan tidak berlebihan.

“Dibuat ekstrem kurang masuk, malah jadi aneh. Jadi, ganti knalpot dan cat saja yang lebih terang. Selain itu, pelek ganti yang lebih besar, pakai CNC saja biar manis. Shockbreaker ganti Ohlins, bisa custom dari Vespa atau sejenisnya yang tidak terlalu tinggi,” ujarnya. (ase)